Penulis Utama : Wuri Handayani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Pengaruh promosi terhadap penjualan pada PT. Ramayana Solo Mandiri Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3201132-2004
Subyek : IKLAN-ASPEK PEMASARAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Promosi mempunyai peranan yang penting di dalam perusahaan. Adanya promosi perusahaan dapat menyampaikan informasi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan produk usahanya, baik mengenai kualitas, harga, merk dan informasi lainnya kepada konsumen agar tertarik untuk membelinya sehingga dapat meningkatkan penjualan perusahaan. Alat-alat yang digunakan dalam kegiatan promosi ini terdiri dari: periklanan, personal selling, promosi penjualan dan publisitas.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan promosi yang digunakan PT. Ramayana Solo Mandiri dan apakah promosi tersebut mampu meningkatkan penjualan. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara dan studi pustaka yang berupa data kualitatif dan data kuantitatif, sedangkan teknik penganalisaan data secara diskriptif.

Dari hasil analisa data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa PT. Ramayana Solo Mandiri melakukan kegiatan promosi periklanan, personal selling, promosi penjualan dan publisitas. Media-media yang digunakan dalam periklanan adalah radio, surat kabar, reklame, sponsorship dan brosur, media personal seling adalah dengan tenaga penjual, media yang digunakan dalam promosi penjualan adalah hadiah langsung, potongan harga, pameran dan kupon berhadiah. Publisitas dilakukan secara berkesinambungan. Rata-rata perbandingan perubahan nilai penjualan dengan perubahan biaya promosi tahun 2001 sampai dengan 2003 pada tiap triwulan selalu meningkat sebesar 0,72%, dan rata-rata perbandingan perubahan volume penjualan dengan perubahan biaya promosi juga selalu meningkat sebesar 0,77%. Dilihat dari angka-angka ini terbukti bahwa pelaksanaan promosi PT. Ramayana Solo Mandiri cukup efektif.

Berdasarkan hasil pembahasan dan kesimpulan, maka dapat diberikan saran-saran, yaitu dalam penggunaan media promosi sebaiknya lebih divariasikan dan dikomunikasikan secara tepat agar dapat meningkatkan penjualan. Dilakukan evaluasi tentang kegiatan promosi yang dilakukan pada setiap tahunnya.

 

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis