Penulis Utama : Ratih Manggar Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Retribusi izin penggilingan padi (rice mill) sebagai upaya peningkatan pendapatan asli daerah kabupaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Eekonomi NIM.F3401054-2004
Subyek : RETRIBUSI DAERAH
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efektifitas dan kontribusi yang diberikan Retribusi Izin Penggilingan Padi terhadap Pendapatan Asli Daerah. Penelitian dilaksanakan di Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Karanganyar dari bulan Mei sampai dengan bulan Juni 2004.

Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa pemberlakuan Retribusi Izin Penggilingan Padi merupakan salah satu upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Karanganyar untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah yang didasarkan pada keberadaan serta aktivitas pertanian masyrakat setempat. Dari data yang ada terdapat 697 perusahaan penggilingan padi di 17 Kecamatan, namun hanya 153 perusahaan yang telah memiliki izin usaha. Retribusi Izin Penggilingan Padi telah mampu memenuhi target sebesar Rp. 20.000.000. Kontribusi yang diberikan Retribusi Izin Penggilingan Padi terhadap Retribusi Daerah sebesar 0,21% dan kontribusi yang diberikan pada PAD sebesar 0,08%.

Kendala – kendala yang dihadapi oleh Dinas Pertanian dalam pelaksanaan Retribusi Izin Penggilingan Padi antara lain adalah lamanya penyelesaian izin yakni sekitar 14 – 20 hari, rendahnya motivasi pengusaha untuk mengurus izin serta ketidaktahuan pengusaha terhadap peraturan perizinan yang baru.

Berbagai upaya yang dilakukan oleh Dinas Pertanian untuk mengintensifkan Retribusi Izin Penggilingan Padi antara lain dengan penyuluhan, penyediaan fasilitas UPTSA, pertemuan koordinasi Dinas Pertanian, pihak Kecamatan serta pemanggilan pengusaha yang izin usaha atau tanda daftar usahanya telah habis masa berlakunya.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Hanung Triatmoko,Ak
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis