Penulis Utama : Wicaksono Pangestu Wibowo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Penerapan break-even point pada rumah sakit umum daerah Dr. Moewardi Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3301124-2004
Subyek : HARGA POKOK
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk menghitung tingkat break-even pada RSUD Dr. Moewardi Surakarta terutama pada fasilitas rawat inap yang meliputi bangsal I, II, III serta paviliun cendana selama tahun 2001, 2002, dan 2003. Dari penelitian ini diharapkan dapat diketahui tingkat penjualan yang diperlukan untuk mencapai break-even pada fasilitas rawat inap di RSUD Dr. Moewardi Surakarta.

Analisis ini bertujuan untuk mencari tingkat aktivitas sehingga pendapatan dari hasil penjualan sama dengan jumlah semua biaya variabel maupun biaya tetapnya. Untuk menghitung break-even pada RSUD Dr. Moewardi penulis menggunakan metode kontribusi unit (unit contribution method), dan untuk mengalokasikan biaya tetap dan variabel digunakan metode nilai jual relatif. Kemudian untuk mengalokasikan biaya ke fasilitas rawat inap didasarkan pada alokasi pendapatan.

Analisis break-even dapat digunakan oleh manajemen RSUD Dr. Moewardi sebagai bahan pertimbangan mengenai perencanaan laba jangka pendek, terutama sebagai pedoman penjualan agar RSUD Dr. Moewardi tidak menderita kerugian atau paling tidak dalam keadaan break-even. Sedangkan untuk perhitungan break-even pada RSUD Dr. Moewardi selama tahun 2001, 2002, 2003 mengalami fluktuasi yang diakibatkan oleh berubahnya biaya tetap maupun biaya variabel. Kemudian apabila dibandingkan dengan realisasi penjualan untuk tahun 2001, 2002 dan 2003 RSUD Dr. Moewardi mengalami kerugian.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis