Penulis Utama : Dwi Retnowati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Diskripsi karakteristik segmentasi pasar di toko Luwes Gemolong berdasarkan variabel demografis, geografis dan perilaku konsumen
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3201032-2004
Subyek : PERILAKU KONSUMEN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Pada era sekarang ini bisnis retail telah mengalami perubahan yang sangat pesat, terjadi peralihan dari konsep toko-toko lokal yang independen atau toko-toko di jalan utama menjadi situasi toko yang berskala nasional dan internasional dalam bentuk pusat-pusat perbelanjaan yang modern, supermarket, pasar swalayan, toko serba ada atau departemen store dan sebagainya. Dengan semakin pesatnya pertumbuhan jumlah perusahaan retail, maka persaingan di bidang pemasaran eceran semakin ketat. Bagi bisnis eceran yang tidak siap untuk mengantisipasi masuknya pendatang baru dengan penampilan yang lebih menarik, teknologi yang modern, serta manajemen yang lebih baik maka kemungkinan besar akan kalah dalam segala bidang dengan retail besar dan modern yang berskala nasional dan internasional.

Pengelolaan bisnis eceran tidak sekedar hanya membuka toko dan mempersiapkan barang-barang yang lengkap, tetapi lebih dari itu. Pengelolaan bisnis eceran harus melihat dan mengikuti perkembangan teknologi pemasaran agar dapat berhasil dan mempunyai keunggulan bersaing. Selain itu, bisnis eceran yang sukses selalu didasarkan pada mengenali konsumen atau pelanggannya. Konsumen dalam sebuah pasar memiliki banyak perbedaan yang menyebabkan perusahaan mengalami kesulitan dalam melayaninya. Segmentasi pasar dan membidik pasar yang dituju adalah langkah tepat yang harus dilakukan pengusaha agar dapat memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen ditengah persaingan yang semakin ketat.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran atau diskripsi karakteristik segmentasi pasar di toko Luwes Gemolong berdasarkan variabel demografis, geografis dan perilaku konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian survei. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara menyebar kuesioner, wawancara, observasi dan studi pustaka. Teknik pengambilan sampel menggunakan convenience sampling (pengambilan sampel dipermudah), dimana yang dijadikan sampel adalah individu atau konsumen yang kebetulan sedang berbelanja atau melakukan pembelian di depan kasir supermarket setelah melakukan pembayaran.

Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Data-data mengenai karakteristik konsumen meliputi: variabel demografis, perilaku dan geografis ditampilkan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan diagram. Masing-masing variabel tersebut dicari jumlah atau frekuensi terbesar dari keseluruhan sampel yang diambil yaitu untuk mengetahui diskripsi karakteristik segmentasi pasar di toko Luwes Gemolong. Berdasarkan analisis yang digunakan diperoleh hasil yakni; supermarket Luwes Gemolong mempunyai segmen wanita (73%), segmen usia antara 20 sampai 30 tahun (53%), segmen ukuran keluarga 3 sampai dengan 4 orang (53%), segmen siklus hidup keluarga belum menikah (39%), segmen penghasilan kurang dari Rp.500.000,- (43%), segmen pekerjaan wiraswasta (42%), segmen pendidikan SLTA (61%), segmen sangat setia dalam kaitan berbelanja (63%), segmen harga murah dalam kaitan manfaat yang dicari (52%), dan segmen tingkat pencapaian lokasi kurang dari 4 km (52%).

Berdasarkan kesimpulan yang diperoleh, maka hendaknya pihak Luwes Gemolong mempertahankan segmentasi pasar yang telah ada dan melakukan kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk dapat memaksimalkan jumlah konsumen yang masuk ke toko serta meningkatkan frekuensi penjualan dengan cara antara lain : peningkatan produk, melibatkan pembelian-pembelian impulse dan pembelian tidak terencana, penjualan di dalam toko yang lebih agresif, mengoptimalkan pelayanan kepada konsumen terutama saat jam sibuk, mengadakan diskon dan pemberian bonus jika konsumen melakukan pembelian dalam jumlah besar, jadi tidak hanya diskon dari supplier yang diberikan langsung kepada konsumen serta menyelenggarakan acara-acara sebagai sarana promosi.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis