Penulis Utama : Ali Ashar
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Analisis peningkatan laba PT. Bank Nusantara Parahyangan Tbk Tahun 1999-2001
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3300155-2004
Subyek : LABA
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan laba dari PT. Bank Nusantara Parahyangan Tbk selama periode 1999-2001 yang meliputi: (1) besarnya kenaikan laba yang telah diperoleh perseroan selama 1999-2001, (2) faktor yang menyebabkan kenaikan laba perseroan tersebut, (3) tingkat kesehatan Perseroan ditinjau dari sisi rentabilitasnya.

Sumber informasi yang digunakan oleh penulis dalam rangka analisis tersebut adalah data laporan keuangan PT. Bank Nusantara Parahyangan Tbk selama periode 1999-2001 yang diambil dari Indonesian Capital Market Directory 2002.

Teknik analisis yang digunakan dalam analisis peningkatan laba pada PT. BNP adalah analisis rasio yang meliputi rasio rentabilitas (operating profit margin, net profit margin, return o n equity capital, return o n total asset, interest margin o n loan) serta rasio efisiensi (leverage multiplier, loans to deposit ratio, interest expense ratio). Untuk mendapatkan hasil analisis yang lebih baik, maka penulis membandingkan angka-angka rasio dari PT. BNP tersebut dengan rasio rata-rata industri dari bank umum.

Hasil analisis yang diperoleh meliputi: (1) laba bersih yang berhasil dicapai perseroan selama 1999-2001 selalu mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Tahun 2000 laba bersih perseroan mencapai 11,145 milyar Rupiah atau naik 88,8 % dibanding laba bersih pada tahun 1999 yang mencapai 5,903 milyar Rupiah. Sedangkan laba bersih yang berhasil dibukukan perseroan untuk tahun 2001 adalah sebesar 18,238 milyar Rupiah atau meningkat 63,64 % dibanding posisi di tahun 2000, (2) faktor-faktor yang menyebabkan peningkatan laba bersih PT. BNP adalah keberhasilan perseroan dalam menghimpun dana dari masyarakat, adanya pertumbuhan kredit yang berhasil disalurkan perseroan, adanya peningkatan aktiva produktif yang dimiliki perseroan, adanya penambahan modal disetor di tahun 2001, perseroan berhasil meningkatkan efisiensi usahanya serta adanya fee based income yang sedang digalakkan perseroan guna menambah pendapatan, (3) kesehatan PT. Bank Nusantara Parahyangan Tbk ditinjau dari rentabilitasnya tergolong sehat karena posisi keuangannya untuk tiap tahun menunjukkan laba serta dilihat perkembangannya selama 3 periode laba dari perseroan menunjukkan trend yang meningkat.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis