Penulis Utama : Evi Nur Cahyani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran rokok kretek di Indonesia 1990-2000
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F1100019-2004
Subyek : PEMASARAN, MANAJEMEN
Jenis Dokumen :
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian dengan judul “Analisis Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran Rokok Kretek di Indonesia bertujuan untuk mengetahui pengaruh input (biaya atau harga tenaga kerja langsung (BTKL), harga tembakau dan harga cengkeh) terhadap jumlah rokok kretek yang ditawarkan untuk mengetahui pengaruh kebijaksanaan pemerintah terhadap rokok kretek yang ditawarkan serta untuk mengetahui pengaruh tekhnologi terhadap rokok kretek yang ditawarkan selain itu juga untuk mengetahui manakah diantara variabel input kebijaksanaan pemerintah serta tekhnologi yang paling dominan berpengaruh terhadap penawaran rokok kretek di Indonesia.

Hipotesis yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah diduga bahwa input (tembakau, cengkeh, BTKL) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap jumlah rokok kretek yang ditawarkan hipotesis selanjutnya diduga kebijakan pemerintah mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap rokok kretek yang ditawarkan. Selain itu tekhnologi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap jumlah rokok kretek yang ditawarkan dan diduga diantara input (tembakau, cengkeh, BTKL, kebijakan pemerintah serta tekhnologi yang paling dominan berpengaruh terhadap penawaran rokok kretek di Indonesia adalah input tembakau.

Metode yang digunakan adalah data sekunder dari th 1990–2000 analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Analisis kuantitatif yang digunakan adalah analisis regresi berganda yang terdiri dari uji statistik dan uji asumsi klasik.

Dari analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh persamaan Y=10,280 + 0,020X1+0,404X2+0,145X3+0,141X4–0,383X5, dengan pengolahan data menggunakan komputer diperoleh F–hitung sebesar 146, 637 lebih besar dari F–tabel dengan n=11 sebesar 4,53. Untuk uji t diketahui t–hitung input cengkeh sebesar 0,556, input tembakau sebesar 4,810, input BTKL sebesar 7,396, selain itu kebijakan pemerintah 2,684 dan tehknologi sebesar –3,280.

Untuk analisis data–data tersebut dapat ditarik kesimpulan untuk uji t bahwa variabel input (tembakau, BTKL), kebijakan pemerintah dan tekhnologi masing–masing berpengaruh secara signifikan terhadap jumlah rokok kretek yang ditawarkan sedangkan input cengkeh tidak berpengaruh secara signifikan terhadap jumlah kretek yang ditawarkan. Sedangkan untuk uji F diketahui bahwa variabel input (cengkeh, tembakau, BTKL, kebijaksanaan pemerintah dan tekhnologi secara bersama–sama berpengaruh secara signifikan terhadap jumlah rokok kretek yang ditawarkan.

Dari variabel input (cengkeh, tembakau, BTKL, kebijaksanaan pemerintah dan tekhnologi) yang paling dominan berpengaruh terhadap jumlah rokok kretek yang ditawarkan adalah variabel input tembakau.

Saran yang dikemukakan penulis adalah produsen rokok kretek lebih mempertimbangkan variabel input, kebijaksanaan pemerintah dan tekhnologi dalam memproduksi dan menawarkan rokok kreteknya. Karena variabel input tembakau merupakan faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap penawaran rokok kretek maka sebaiknya harga tembakau perlu diperhatikan.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Sutanto
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis