Penulis Utama : Susi Indrastuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Pengaruh pengumuman dividen terhadap perubahan harga saham di bursa efek jakarta periode tahun 2001-2002
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F1300080-2003
Subyek : BURSA EFEK
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti kandungan informasi dividen. Penelitian ini adalah penelitian peristiwa, yang mengamati peristiwa pengumuman dividen pada lima hari sebelum pengumuman, pada hari pengumuman, dan pada lima hari sesudah pengumuman.

Penelitian ini didasarkan pada data-data sekunder yang diambil dari Bursa Efek Jakarta dalam kurun waktu tahun 2001 sampai dengan tahun 2002. Sebanyak 67 perusahaan menjadi sampel dalam penelitian ini, yang diambil dengan metode purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini dikategorikan menjadi 27 perusahan yang mengumumkan dividen meningkat, 13 perusahaan yang mengumumkan dividen tetap, dan 27 perusahaan yang mengumumkan dividen menurun dibanding dengan dividen sebelumnya. Data yang digunakan meliputi harga saham individual harian, harga pasar (IHSG) harian, dividen perlembar saham.

Metode statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah uji-t. Model yang digunakan untuk menghitung return yang diharapkan adalah model pasar (market model). Koreksi beta dilakukan dengan menggunakan metode Fowler dan Rorker.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengumuman dividen meningkat mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perubahan harga saham di Bursa Efek Jakarta periode tahun 2001-2002. Hal ini berarti bahwa pengumuman dividen meningkat mempunyai kandungan informasi, dimana pasar bereaksi signifikan positif pada hari pengumuman. Reaksi pasar terjadi begitu cepat dan tidak ada reaksi yang berkepanjangan. Sementara pengumuman dividen tetap dan menurun tidak mempunyai pengaruh terhadap perubahan harga saham atau dengan kata lain tidak memiliki kandungan informasi secara signifikan.

Kata kunci: Penelitian peristiwa, kandungan informasi, model pasar, metode Fowler

dan Rorker, uji-t.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Muhammad Agung Prabowo, Ak
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis