Penulis Utama : Yandi Achmad Sofyandy
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Pengaruh kinerja keuangan dan kredit bermasalah terhadap tingkat perkembangan usaha pada PD. BPR-BKK Sawangan Kabupaten Magelang
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F1100058-2004
Subyek : KEUANGAN, MANAJEMEN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh pengaruh kinerja keuangan dan kredit bermasalah terhadap tingkat perkembangan usaha pada PD. BPR BKK Sawangan Kebupaten Magelang. Dalam penelitian ini dirumuskan suatu hipotesis penelitian bahwa “ Ada Pengaruh yang kuat antara kinerja keuangan dan kredit bermasalah terhadap tingkat perkembangan usaha”

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh pengaruh kinerja keuangan dan kredit bermasalah terhadap tingkat perkembangan usaha pada PD. BPR BKK Sawangan.

Populasi dalam penelitian ini adalah keadaan BPR BKK Sawangan per tri bulanan selama kurun waktu 5 tahun yaitu periode tahun 1997-2001 yang digambarkan dengan bentuk laporan keuangan. Sedang teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, observasi dan studi pustaka serta interview. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis laporan keuangan (ratio likuiditas, ratio rentabilitas dan rasio solvabilitas) dan analisis statistik (analisis regresi dan korelasi.)

Hasil analisis keuangan, analisis regresi, analisis koefisien determinasi maupun uji penyimpangan asumsi klasik diketahui bahwa harga F_hitung sebesar 2.485 dan F_tabel sebesar 3.056. Karena besarnya F_hitung lebih besar dari F_tabel berarti hubungan secara bersama-sama antara variabel likuiditas (X1), variabel solvabilitas (X2), variabel rentabilitas (X3) dan kredit bermasalah (X4) terhadap variabel tingkat perkembangan usaha (Y) tidak signifikan demikian pula dengan analisis koefisien determinasi maupun uji penyimpangan klasik semua variabel tidak signifikan yang berarti bahwa hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh kinerja keuangan dan kredit bermasalah terhadap tingkat perkembangan usaha BPR BKK Sawangan tidak terbukti. Berpengaruh dan tidak atau signifikan dan tidak signifikan bukan berarti baik dan buruk, melainkan menunjukan kalau variabel tersebut tidak mampu mempengaruhi tingkat perkembangan BPR BKK Sawangan karena ada variabel lain yang lebih mempengaruhi kinerja. Penelitian ini tidak bertujuan mengungkapkan variabel selain kinerja dan kredit bermasalah yang mempengaruhi kinerja, oleh karenanya peneliti tidak mempunyai cukup bukti untuk menunjuk variabel lain tersebut.

Koefisien determinasi sama dengan kuadrat dari koefesien korelasi berganda, oleh karenanya apabila koefesien korelasi berganda tidak signifikan maka koefesien determinasi juga tidak signifikan. Besarnya koefesien determinasi adalah 0.399, berarti semua variabel independen mampu mempengaruhi variabel dependen sebesar 39.9%, namun karena koefesien determinasi ini tidak signifikan seperti sudah dijelaskan pada bagian korelasi berganda, maka pengaruh sebesar 39.9% akan mempunyai kekeliruan yang besar atau tidak kuat untuk dijadikan dasar pernyataan atau prediksi. Analisis Persamaan Regresi digunakan untuk mengetahui besarnya perubahan pada variabel dependen (Y) akibat perubahan pada semua variabel Independen (X).

Namun karena pada pengujian berganda sudah terbukti bahwa tidak ada variabel independen yang signifikan, maka persamaan regresi ini tidak kuat atau tidak dapat dijadikan dasar menganalisis pengaruh independen secara individual.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Sumardi, SE
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis