Penulis Utama : Rinda Rulyanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Pengaruh kebijakan harga, promosi dan distribusi terhadap penjualan pada PT. Sun Motor Jebres Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F1202057-2004
Subyek : MANAJEMEN PEMASARAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Dalam memasarkan barang atau jasa banyak kegiatan-kegiatan pemasaran yang digunakan untuk mempengaruhi konsumen. Kegiatan pemasaran bukanlah sekedar menjual barang atau jasa saja, melainkan segala aktivitas yang berhubungan dengan arus barang dan jasa. Disamping itu, perusahaan dituntut untuk dapat memahami keinginan dan kebutuhan konsumen, sehingga konsumen mau membeli produk yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut. Salah satu usaha yang dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan dan mengoptimalkan volume penjualannya adalah dengan menerapkan strategi marketing mix. Didalam marketing mix terdapat kombinasi empat variabel atau kegiatan yang merupakan inti dalam sistem pemasaran perusahaan yaitu : produk, struktur harga, promosi dan sistem distribusi. Keempat unsur yang terdapat dalam kombinasi tersebut saling berhubungan dan saling mempengaruhi terhadap peningkatan volume penjualan. Setelah melihat betapa pentingnya masalah pemasaran dengan empat variabelnya, ada masalah yang lebih penting lagi yang harus dibahas yaitu bagaimana kebijakan yang diambil oleh perusahaan dalam menentukan kebijakan harga, promosi, dan distribusi dengan melihat produk yang akan dipasarkan, sehingga menjadi sebuah strategi bagi perusahaan untuk dapat memenangkan kompetisi dan merebut pangsa pasar guna meningkatkan volume penjualan yang akhirnya mencapai laba yang maksimal serta mencapai pelanggan yang potensial.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kebijakan harga, promosi dan distribusi terhadap volume penjualan dan untuk mengetahui variabel mana yang mempunyai pengaruh yang paling besar terhadap volume penjualan pada PT. Sun Motor Jebres Surakarta. Hipotesis yang diajukan penulis yaitu diduga ada pengaruh kebijakan harga, promosi dan distribusi secara parsial maupun secara bersama-sama terhadap volume penjualan dan diduga variabel distribusi mempunyai pengaruh yang paling besar terhadap volume penjualan pada PT. Sun Motor Jebres Surakarta.

Dari hasil data laporan keuangan dan laporan penjualan pada awal tahun 2001 sampai dengan akhir tahun 2003 diperoleh hasil analisis dengan menggunakan analisis linier berganda diperoleh persamaan Y=-2228.627+ 176.917x1+1.132x2+7.069 x3, dari persamaan regresi linier berganda ini dapat dilihat bagaimana variabel-variabel harga (x1), promosi (x2) dan distribusi (x3) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap volume penjualan sepeda motor Suzuki merk Shogun 125R pada dealer PT. Sun Motor Surakarta. Untuk Uji t diperoleh hasil bahwa kebijakan harga, dan distribusi, mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap volume penjualan sedangkan kebijakan promosi tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap volume penjualan. Sedangkan Untuk uji F dibuktikan bahwa variabel harga, promosi dan distribusi secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap volume penjualan, pada analisis determinasi diperoleh hasil yang mendekati angka 1, dan untuk uji asumsi klasik persamaan regresi terbebas dari multikolonieritas, heterokedastisitas maupun autokorelasi.

Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa diduga ada pengaruh kebijakan harga, promosi dan distribusi secara parsial maupun secara bersama-sama terhadap volume penjualan dan diduga variabel distribusi mempunyai pengaruh yang paling besar terhadap volume penjualan pada PT. Sun Motor Jebres Surakarta telah terbukti kebenarannya. Saran yang disampaikan penulis hendaknya kebijakan harga, promosi dan distribusi diterapkan pada perusahaan dalam aktivitasnya, agar volume penjualan dapat ditingkatkan dengan baik sehingga laba perusahaan dapat teraih selain itu perusahaan mempertahankan dan lebih meningkatkan pelayanan yang diberikan kepada konsumen, baik sebelum pembelian maupun sesudah pembelian, yang ditunjang dengan harga, promosi dan distribusi yang tepat.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis