Penulis Utama : Amelia Dewi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Analisis penyusunan anggaran penjualan dengan metode least square pada PERUSDA Es Sari Petojo Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3300156-2004
Subyek : MANAJEMEN PEMASARAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

PD es Sari Petojo merupakan perusahaan daerah yang bergerak dalam bidang industri es. Dalam penyusunan anggaran penjualannya Sari Petojo menggunakan metode musiman sebagai alat forecasting dengan cara pengalokasian anggaran produksi untuk tiga musim, yaitu musim hujan, musim peralihan, dan musim kemarau.

Permasalahan yang dihadapi perusahaan sampai saat ini ialah realisasi penjualannya kurang bisa menyesuaikan dengan anggarannya. Hal ini didasarkan oleh data penjualan yang realisasi penjualannya tidak seimbang dengan anggarannya dan selalu berfluktuasi selama lima tahun dari bulan Desember 1997 s/d November 2002.

Untuk itu, penulis mencoba mengungkap sejauhmana pengaruh tehnik forecasting dengan metode musiman pada realisasi anggaran penjualan di Sari Petojo pada bulan Desember 2001 s/d November 2002 menggunakan data selama empat tahun kebelakang dengan cara membandingkan metode least square dengan metode musiman sebagai alat forecasting yang diukur dengan menggunakan Standar Kesalahan Forecasting (SKF) untuk mengetahui seberapa besar penyimpangan daripada perlakuan metode musiman tersebut.

Dalam hasil analisis disimpulkan bahwa penggunaan forecast penjualan berdasarkan metode musiman telah tepat digunakan sebagai alat forecasting walaupun nilai SKF yang ditunjukkan oleh metode musiman lebih besar daripada metode least square. Hal ini disebabkan karena penjualan selalu berfluktuasi dari tahun ke tahun sehingga penerapan metode least square akan kurang tepat digunakan dalam meramal penjualan es pada PERUSDA ES SARI PETOJO.

Untuk mengatasi permasalahan perusahaan tersebut, yaitu dengan cara anggaran dan realisasinya dibuat berimbang berdasarkan kebijakan pengalokasian anggaran produksi yang tepat.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Santoso Tri Hananto, Msi, Ak.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis