Penulis Utama : Aris Widyanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Analisis pengendalian persediaan bahan baku dengan pendekatan EOQ probabilistik pada CV. Lintasan Abadi Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F1201008-2004
Subyek : BAHAN POKOK PRODUKSI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Pengendalian dan evaluasi biaya bahan baku adalah tidak semata-mata tugas manajer bagian keuangan saja, tetapi manajer bagian produksipun juga bertanggung jawab akan hal ini. Dengan terkendalinya biaya bahan baku maka kebutuhan bahan menjadi lebih terawasi dan lebih dapat dipertanggungjawabkan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui apakah pembelian bahan baku yang dilakukan perusahaan sudah optimal (biaya pesan sama dengan biaya simpan); (2) untuk mengetahui apakah penggunaan analisis Economic Order Quantity (EOQ) dapat menghasilkan pembelian bahan baku yang optimal (biaya pesan sama dengan biaya simpan).

Penelitian ini dilakukan di CV Lintasan Abadi Surakarta. Dalam menganalisis persediaan bahan baku CV Lintasan Abadi Surakarta, penulis menggunakan alat analisis yaitu analisis EOQ, safety stock, reorder point, dan uji signifikan dengan uji beda dua mean.

Dari analisis data tersebut dapat ditemukan bahwa (1) Terdapat perbedaan antara jika menggunakan metode EOQ dengan yang dilakukan perusahaan selama ini, baik itu kuantitas pembelian, frekwensi pembelian maupun besarnya biaya yang dikeluarkan, (2) menurut metode EOQ probabilistik seharusnya pembelian dilakukan 5 kali setahun, Safety Stock yang optimal untuk tahun 1998 – 2002 adalah sebagai berikut : 71 rim, 80 rim, 403 rim, 181 rim, dan 117 rim. Re Order Point untuk tahun 1998 – 2002 adalah : 253 rim, 280 rim, 757 rim, 467 rim, dan 262 rim. (3) Besarnya t hitung yaitu 7,511.

Dari hasil analisa tersebut dapat disimpulkan bahwa (1) Selama ini perusahaan dalam melakukan pembelian bahan bakunya masih belum optimal, frekuensi pembelian terlalu banyak, menurut metode EOQ probabilistik pembelian bahan baku masih bisa dikurangi jumlahnya, frekwensi pembelian selama 5 tahun terakhir terlalu banyak yaitu 12 kali /tahun padahal seharusnya 5 kali /tahun, (2) terdapat perbedaan secara signifikan antara pengeluaran total biaya riil persediaan bahan baku dengan biaya total persediaan bahan baku yang dikeluarkan menurut metode EOQ probabilistik.

Berdasarkan hal tersebut di atas, disarankan yaitu sebagai berikut : (1) untuk memperoleh biaya yang minimal dalam pengadaan bahan baku, hendaknya perusahaan menggunakan metode Economic Order Quantity (EOQ) probabilistik, (2) perusahaan perlu meninjau kembali kebijaksanaan dalam pengadaan bahan baku yang selama ini dijalankan, sehingga biaya yang dikeluarkan untuk pembelian bahan dapat dipergunakan seefisien mungkin, (3) diharapkan penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan untuk penelitian yang akan datang.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis