Penulis Utama : Ridwan Ardiansyah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Penerapan materials requirements planning (MRP) dalam pengendalian persediaan bahan baku pada perusahaan meubel CV. Alesha Gallery Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0200092-2004
Subyek : BAHAN POKOK PRODUKSI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Ketersediaan bahan baku dengan jumlah dan waktu yang tepat akan mendukung kelancaran dan ketepatan proses dan waktu produksi. Ketepatan produksi akan dapat memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui waktu dan kuantitas bahan baku yang harus tersedia dalam satu periode tertentu untuk memperlancar proses produksi. Masalah yag dirumuskan adalah berapakah jumlah bahan tersebut harus diproduksi oleh bagian bahan baku pada perusahaan CV. Alisha Gallery agar bahan baku tersebut dapat tersedia dengan jumlah dan waktu yang tepat.

Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data order perusahaan untuk bulan Januari dan Februari 2004 serta data persediaan bahan baku pada akhir bulan Desember 2003. Produk yang diteliti adalah dua produk yaitu Large Cupboard dan Garden Chair. Alat analisis yang dipakai adalah analisa kuantitatif (MRP).

Dari hasil analisa kuantitatif dengan MRP, dapat dilakukan perencanaan produksi melalui Master Production Schedule (MPS) dan kebutuhan bahan baku untuk tiap periode dapat diketahui. Adapun jumlah komponen untuk meubel jenis Large Cupboard dan Garden Chair yang harus diselesaikan oleh bagian bahan baku untuk kebutuhan produksi selama bulan Januari dan Februari 2004 adalah untuk produk Large Cupboard meliputi komponen laci sebanyak 800 unit, tarikan kempong sebayak 650 unit, engsel lemari sebanyak 250 unit, rangka buffet sebanyak 200 unit, dan rangka pintu sebanyak 200 unit. Sedangkan untuk produk Garden Chair meliputi komponen palang sampng sebanyak 300 unit, jeruji dudukan sebanyak 2.000 unit, palang kaki sebanyak 500 unit, palang belakang sebanyak 250 unit, jeruji sandaran sebanyak 2.750 unit, dan palang atas sebanyak 150 unit. Untuk komponen mata ayam, kaca, kaki belakang, kaki depan, serta bahan penunjang seperti paku dan mur sudah tersedia dalam jumlah yang cukup.

Saran yang diajukan kepada perusahaan dari hasil penelitian ini adalah perusahaan perlu menerapkan MRP untuk pengendalian bahan baku. Manajemen juga perlu melakukan koordinasi antar bagian untuk mendukung penerapan MRP tersebut. Selain itu, perusahaan juga perlu mengalokasikan sebagian karyawan pada bagian bahan baku untuk membantu penyelesaian pembuatan komponen item sehingga perusahaan dapat menyelesaikan produk tepat waktu.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Reza Rahardian, SE, Msi
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis