Penulis Utama : Anton Sarjono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Pengaruh perencanaan pajak terhadap pengendalian beban pajak (survai di wilayah karesidenan Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F1301016-2004
Subyek : PAJAK DAN PERPAJAKAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Pajak jika dilihat dari sudut pandang Wajib Pajak merupakan beban bagi setiap Wajib Pajak. Akan tetapi, untuk pajak penghasilan yang dibayar oleh wajib pajak tidak boleh dikurangkan sebagai biaya mendapatkan, menagih, dan memelihara penghasilan. Wajib Pajak dapat melakukan manajemen pajak untuk dapat memperoleh laba dan likuiditas yang diharapkan, tetapi jumlah pajak yang dibayarkan dapat ditekan serendah mungkin. Manajemen pajak yang dapat dilakukan yaitu dengan perencanaan pajak, pelaksanaan pajak, dan pengendalian pajak. Dengan adanya reformasi pajak, Wajib Pajak berhak melakukan penghitungan, penyetoran, dan pelaporan kewajiban pajaknya. Fasilitas tersebut dapat dimanfaatkan oleh Wajib Pajak guna melakukan pengendalian beban pajak yang menjadi bebannya. Cara yang dapat dilakukan yaitu dengan menyusun perencanaan pajak di awal tahun.

      Permasalahan yang diangkat dari penelitian ini yaitu pengaruh perencanaan pajak terhadap pengendalian beban pajak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris apakah perencanaan pajak berpengaruh terhadap pengendalian beban pajak. Hipotesis alternatif (HA): perencanaan pajak berpengaruh signifikan terhadap pengendalian beban pajak.

      Responden penelitian yaitu kepala bagian akuntansi perusahaan industri di wilayah Karesidenan Surakarta. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Jumlah sampel sebanyak tiga puluh dua. Untuk mengetahui pengaruh perencanaan pajak terhadap pengendalian beban pajak menggunakan analisis regresi sederhana.

      Hasil yang diperoleh dari analisis regresi sederhana mendukung hipotesis alternatif (HA), yaitu perencanaan pajak berpengaruh signifikan terhadap pengendalian beban pajak (sig. 0,001). Hasil ini berarti bahwa perencanaan pajak yang disusun oleh Wajib Pajak di awal tahun akan berpengaruh signifikan terhadap pengendalian beban pajak yang dilakukan pada tahun berjalan dan akhir tahun.

 

Kata kunci: perencanaan pajak dan pengendalian beban pajak

 

 

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dra. Y. Anni Aryani, M. Proff, Acc, Ak
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis