Penulis Utama : Panji Teguh Premono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Pengaruh kepuasaan gaji, kepuasaan kerja dan komitmen organisasi terhadap turnover intention ( penelitian pada karyawan bagian produksi PT. Pabelan Cerdas Nusantara Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi : xv, 113 hal.: ilus.; lamp.; tab.
Sumber : UNS-Fak.Ekonomi NIM.F0200082-2004
Subyek : SISTEM UPAH (GAJI)
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan tentang masalah atau fenomena sosial yang dirasa menarik bagi peneliti. Masalah yang hendak dicari jawabannya dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh kepuasan gaji, kepuasan kerja, affective commitment, continuance commitment dan normative commitment terhadap turnover intention. Sehubungan dengan masalah tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah (1) Terdapat pengaruh negatif antara kepuasan gaji terhadap turnover intention, (2) Terdapat pengaruh negatif antara kepuasan kerja terhadap turnover intention, (3) Terdapat pengaruh negatif antara affective commitment terhadap turnover intention, (4) Terdapat pengaruh negatif antara continuance commitment terhadap turnover intention, (5) Terdapat pengaruh negatif antara normative commitment terhadap turnover intention dan (6) Terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara kepuasan gaji, kepuasan kerja, affective commitment, continuance commitment dan normative commitment secara bersama-sama terhadap turnover intention.

Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan bagian produksi PT. Pabelan Cerdas Nusantara Surakarta yang berjumlah 96 karyawan, sampel yang digunakan sebanyak 75 responden. Penelitian ini menggunakan metode simple random sampling (Pengambilan sampel secara acak). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diberikan kepada responden. Skala Likert dengan rentang pilihan sebanyak lima pilihan digunakan sebagai pengukuran instrumen kuesioner. Data yang telah terkumpul kemudian diuji konsistensi dan kecermatan alat ukurnya melalui uji validitas dengan menggunakan pearson product-moment dan uji reliabilitas dengan menggunakan uji alpha cronbach. Dari hasil pengolahan data semua instrumen pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini valid dan reliabel.

Analisis yang digunakan dalam penelitian ini berupa analisis deskriptif dan kuantitatif. Analisis deskriptif menggambarkan karakteristik dari responden yang diteliti. Berdasarkan hasil pengumpulan data didapatkan bahwa mayoritas responden adalah pria, berpendidikan SMA atau sederajat, status perkawinan telah menikah, berusia antara 25 tahun sampai 34 tahun dengan penghasilan antara Rp.250.000,00 sampai Rp.400.000,00 tiap bulan. Dari tanggapan responden terhadap item pertanyaan yang diberikan dalam kuesioner didapatkan bahwa mayoritas responden memiliki kepuasan gaji yang rendah, kepuasan kerja sedang, affective commitment yang sedang, continuance commitment sedang, normative commitment sedang serta turnover intention yang rendah.

Analisis kuantatif dilakukan untuk menguji hipotesis. Analisis ini berupa regresi linier berganda, uji t statistik, uji F statistik serta uji koefisien determinasi majemuk. Dari regresi linier berganda didapatkan Y = 31,145+(-0,158)X1+
(-0,119)X2+(-0,208)X3+(-0,188)X4+(-0,219) X5,
nilai koefisiensi dari masing-masing variabel independent bernilai negatif. Sedang hasil dari uji t statistik menunjukkan bahwa nilai t hitung kepuasan gaji (-2,085), kepuasan kerja
(-2,061), affective commitment (-2,019), continuance commitment(-2,131) dan normative commitment (-2,035) lebih kecil dari - t tabel (-1,98)
. Hal ini berarti secara partial terdapat pengaruh negatif kepuasan gaji, kepuasan kerja, affective commitment, continuance commitment dan normative commitment terhadap turnover intention, berarti hipotesis pertama, kedua, ketiga, keempat dan kelima terbukti. Hasil uji F statistik menunjukkan nilai F hitung (47,613) lebih besar dari F tabel (2,45). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kepuasan gaji, kepuasan kerja, affective commitment, continuance commitment dan normative commitment secara bersama-sama terhadap turnover intention, Hipotesis keenam terbukti. Dari uji R2 didapatkan bahwa 75,9% tingkat turnover intention dipengaruhi oleh kepuasan gaji, kepuasan kerja, affective commitment, continuance commitment dan normative commitment. Sedang 24,1% dipengaruhi variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini.

Kesimpulan yang bisa diambil adalah bahwa secara partial dan bersama-sama, kepuasan gaji, kepuasan kerja, affective commitment, continuance commitment dan normative commitment berpengaruh negatif dan signifikan terhadap turnover intention. Dengan kenyataan bahwa mayoritas responden memiliki kepuasan gaji rendah, kepuasan kerja sedang, affective commitment sedang, continuance commitment sedang, normative commitment sedang serta turnover intention rendah. Sebanyak 75,9% tingkat turnover intention dipengaruhi oleh kepuasan gaji, kepuasan kerja, affective commitment, continuance commitment dan normative commitment. Sedang 24,1% dipengaruhi variabel lain. Sehubungan dengan beberapa variabel independent yang digunakan dalam penelitian ini maka saran yang dapat dikemukakan diantaranya adalah memaksimalkan fungsi bonus dan tunjangan sebagai penghasilan tambahan karyawan diluar gaji pokok dan pembayaran upah sesuai UMR, Perusahaan memberikan promosi bagi karyawan yang berprestasi dan meminta pendapat karyawan tentang pemenuhan terhadap alat dan perlengkapan lain yang berkaitan dengan keperluan pekerjaannya, perusahaan memasukkan kebutuhan dan keinginan karyawan dalam tujuan organisasi, perusahaan perlu menanamkan keyakinan kepada karyawan bahwa terlalu banyak kerugian yang akan dialaminya bila keluar dari perusahaan seperti sulitnya mencari pekerjaan yang baru dan hilangnya senioritas, Perusahaan dapat meningkatkan hubungan informal seperti mengadakan kegiatan diluar jam kerja secara bersama-sama seperti olah raga dan rekreasi. Karena hanya terfokus pada beberapa variabel saja, maka untuk penelitian yang akan datang diharapkan bisa menggunakan atau menambahkan variabel yang lain.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Muhammad Cholil. MM.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis