Penulis Utama : Sovia Ramadhani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Persepsi akuntan pendidik dan pengguna jasa akuntan (user) terhadap kualifikasi non-akuntansi pada entry level accountant
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0300073-2004
Subyek : SISTEM AKUNTANSI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Era globalisasi diawali dengan adanya perdagangan bebas, dunia menjadi tanpa batas dan mobilitas manusia yang semakin tinggi. Untuk memenangkan persaingan yang bersifat global dan tajam diperlukan kesiapan oleh sumber daya manusianya. Selain itu, perubahan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin membutuhkan persyaratan kualitas sumber daya manusia yang tinggi. Persaingan kerja semacam ini terjadi dalam semua bidang, termasuk dalam bidang akuntansi. Adanya perubahan peran akuntan, dulu akuntan hanya berkutat dengan data-data keuangan, sekarang akuntan harus lebih dibekali dengan teknik analisis sebagai pertimbangan manajemen untuk suatu strategi bisnis. Adanya perubahan peran ini berarti akuntan dituntut bersikap profesional sabagai salah satu tuntutan peningkatan kualitas dalam bersaing. Kelemahan akuntan lokal bila dibandingkan dengan akuntan asing adalah kurangnya penguasaan bahasa Inggris, keahlian teknis, dan kesadaran etika. Akuntan pendidik bertanggung jawab untuk mencetak mahasiswa lulusan jurusan akuntansi yang tidak hanya menguasai kemampuan akuntansi saja tetapi juga menguasai kemampuan selain akuntansi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui secara empiris perbedaan persepsi akuntan pendidik dan pengguna jasa akuntan (user) terhadap kualifikasi non-akuntansi pada entry level accountant.

Penelitian ini merupakan replikasi penelitian yang dilakukan oleh Situmorang (2000). Populasi dalam penelitian ini adalah akuntan pendidik universitas negeri dan universitas swasta se-Surakarta dan pengguna jasa akuntan (user) di wilayah Surakarta dan sekitarnya. Metode pengambilan sampel untuk akuntan pendidik menggunakan convenience sampling, sedangkan untuk pengguna jasa akuntan (user) menggunakan metoda purposive sampling yaitu manajer akuntansi dan keuangan peusahaaan manufaktur yang memiliki divisi akuntansi sendiri. Metode pengumpulan data adalah dengan metode personally administered questionnaires. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan gabungan dari penelitian yang dilakukan oleh Novin dan Pearson (1989) sebagaimana yang digunakan dalam Situmorang (2000) dan berasal dari pengukuran profesiolisme Novin dan Tucker (1993) yang digunakan oleh Meylani (2003) yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Untuk menguji hipotesis digunakan alat analisis T-test dan dilakukan pengujian tambahan untuk melakukan uji variance dengan menggunakan alat uji levene Test.

Hasil analisis data yang dilakukan peneliti terhadap jumlah total kuesioner yang kembali yaitu 64 lembar kuesioner dari 112 kuesioner yang didistribusikan kepada responden menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara persepsi akuntan pendidik dan pengguna jasa akuntan (user) terhadap kualifikasi non-akuntansi pada entry level accountant. Akuntan pendidik memiliki persepsi yang lebih baik dari pada pengguna jasa akuntan (user). Hal ini ditunjukkan dari nilai mean akuntan pendidik yang lebih tinggi dari nilai mean pengguna jasa akuntan (user).

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis