Penulis Utama : Feby Lestari Supriyono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Problematika sosial dalam naskah lakon Mbangun Desa karya Heru Kesawa Murti (sebuah analisis sosiologi sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak.Sastra NIM.C0199021-2004
Subyek : FIKSI ILMIAH
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Naskah Lakon “Mbangun Desa” yang dijadikan objek penelitian ini terdiri dari 3 judul episode, yaitu; “Alas Dibabah Kabeh Susah” (ADKS), “Nandur Alas Nylametke Nasib 1” (NANN 1), dan “Nandur Alas Nylametke Nasib 2” (NANN 2). Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana struktur dan tekstur tiga naskah lakon “Mbangun Desa”, bagaimana problematika sosial kehidupan masyarakat pedesaan yang terungkap dalam naskah lakon “Mbangun Desa”, dan bagaimanakah proses kreatif kepengarangan Heru Kesawa Murti. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan struktur, tekstur beserta keterjalinannya, mengungkap problematika sosial kehidupan masyarakat pedesaan, dan proses kreatif kepengarangan Heru Kesawa Murti. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan struktural, pendekatan tekstural, dan pendekatan sosiologi sastra.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data penelitian berupa naskah lakon “Mbangun Desa” karya Heru Kesawa Murti dan video rekaman Sinetron Serial “Mbangun Desa” yang diproduksi oleh TVRI  Stasiun Yogyakarta tahun 2003. Data penelitian terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer dalam penelitian ini adalah tiga episode teks naskah lakon “Mbangun Desa” yang meliputi unsur-unsur pembangun struktur dan tekstur, serta aspek-aspek sosiologi yang terdiri dari; hegemoni, moralitas, bahasa naskah, dan hasil wawancara dengan pengarang mengenai proses kreatif penulisan naskah. Adapun data sekunder meliputi data-data biografi, artikel-artikel, dan penelitian sejenis yang berhubungan dengan objek penelitian.

Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan content analysis. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis interaktif yang bergerak di antara tiga komponen analisis (reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi) dengan proses pengumpulan data selama kegiatan pengumpulan data berlangsung. Penarikan kesimpulan dalam penelitian ini menggunakan teknik campuran, yaitu kombinasi antara teknik deduksi dan teknik induksi.

Penelitian ini menghasilkan deskripsi unsur-unsur pembentuk struktur naskah lakon “Mbangun Desa” beserta keterjalinan antarunsur di dalamnya, deskripsi tekstural Sinetron Serial “Mbangun Desa” beserta proses produksi yang menghubungkan unsur-unsur di dalamnya, keterjalinan antarunsur struktur dan tekstur, deskripsi sosiologi yang meliputi hegemoni serta moralitas dalam “Mbangun Desa” (perilaku sosial masyarakat desa, pertentangan sosial, pelestarian lingkungan hidup, peranan wanita, dan percintaan remaja), proses kreatif kepengarangan Heru Kesawa Murti, dan bahasa yang digunakan dalam “Mbangun Desa”.

Naskah lakon “Mbangun Desa” memiliki struktur yang bagus serta mendukung proses produksi untuk sebuah pementasan. Adapun bentuk visualnya, yaitu Sinetron Serial “Mbangun Desa”, memiliki kekuatan karakter sehingga mampu menarik perhatian banyak pemirsa. Problematika sosial yang ada dalam naskah lakon “Mbangun Desa” sangat menarik karena mengangkat sebuah relitas sosial yang dekat dengan masyarakat. Heru Kesawa Murti dalam proses kreatif kepengarangannya sangat lancar dikarenakan tingkat keprofesionalannya dalam bersastra dan menjadi seorang seniman.

 

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Sahid Teguh Widodo S.S., M. Hum
2. Dra. Endang Siti Saparinah, M. S
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa