Penulis Utama : Herman Faizal
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan tamu hotel Raddin Ancol Jakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0299055-2004
Subyek : MANAJEMEN PEMASARAN JASA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini dilakukan di Hotel Raddin Ancol Jakarta dengan maksud untuk mengetahui tingkat kepuasan tamu yang menginap di hotel tersebut terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh Hotel Raddin Ancol Jakarta. Selain itu peneliti juga ingin mengetahui tingkat pengaruh kualitas pelayanan yang terdiri dari dimensi reliability, responsiveness, assurance, empathy dan tangible, baik secara bersama-sama maupun secara parsial, dan dimensi kualitas pelayanan yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan tamu Hotel Raddin Ancol Jakarta.

Didasarkan pada masalah dan tujuan penelitian diatas, maka diajukan hipotesis sebagai berikut, (1) diduga tamu yang menginap di hotel sudah merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan Hotel Raddin Ancol Jakarta,(2) diduga dimensi kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan tamu hotel, (3) diduga bahwa dimensi reliability adalah yang paling berpengaruh terhadap kepuasan tamu hotel yang menginap, (4) diduga dimensi kualitas pelayanan secara bersama-sama berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan tamu hotel.

Populasi dari penelitian ini adalah tamu yang menginap di Hotel Raddin Ancol Jakarta. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dari teknik pengambilan sampel non probability sampling dengan metode Accidental Sampling, yaitu teknik pengambilan sampel secara kebetulan, dengan cara membagikan kuesioner kepada responden yang dianggap sesuai untuk dijadikan data penelitian, yang akhirnya diperoleh responden sebanyak 60 tamu hotel. Uji instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach dan Uji Validitas menggunakan korelasi Product Moment Pearson. Analisis data menggunakan SERVQUAL dan analisis regresi berganda yang mencakup Uji F dan Uji t.

Hasil analisis SERVQUAL menunjukkan bahwa indeks kepuasan tamu hotel yang menginap bertanda positif yang berarti tamu hotel merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh Hotel Raddin Ancol Jakarta. Hasil analisis Uji t menunjukkan bahwa dimensi kualitas pelayanan secara parsial memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan tamu hotel yang menginap dan dimensi kualitas pelayanan yang paling berpengaruh terhadap kepuasan tamu adalah dimensi reliability karena mempunyai derajat asosiasi paling tinggi. Kemudian berdasarkan Uji F dapat diketahui bahwa dimensi kualitas pelayanan secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan tamu yang menginap di Hotel Raddin Ancol.

Berdasarkan hasil penelitian yang ada, peneliti menyarankan bahwa hendaknya Hotel Raddin Ancol Jakarta (1) Mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanannya karena semua dimensi dari kualitas pelayanan tersebut mempunyai pengaruh yang positif terhadap kepuasan tamu yang menginap di Hotel Raddin (2) Hendaknya Hotel tersebut memperhatikan dimensi reliability karena dimensi ini memiliki pengaruh yang paling besar diantara dimensi kualitas pelayanan lainnya, yaitu dengan mempertahankan dan meningkatkannya, caranya adalah : (a) Menambah unit pelayanan menjadi lebih lengkap lagi sehingga tamu hotel merasa lebih nyaman dan terpuaskan menginap di hotel tersebut, (b) Agar karyawan cepat dalam memproses dan menyampaikan sesuatu dalam melayani pelanggan, manajemen hotel disarankan untuk menerapkan strategi pemasaran yang berfokus pada peningkatan keahlian karyawan, yaitu melalui training karyawan secara berkala. (c) Menetapkan tarif akomodasi hotel yang sesuai dengan pelayanan dan fasilitas, dan dapat bersaing dengan hotel lain, terutama yang berada di satu kawasan dengan Hotel Raddin. (3) Hotel Raddin harus melakukan evaluasi kinerjanya secara berkala, yaitu dengan pembagian kuesioner mengenai pelayanan yang di berikan oleh hotel tersebut yang akan diisi oleh tamu hotel untuk mengetahui tingkat kualitas pelayanan dan kepuasan dari tamu Hotel (4) Lebih meningkatkan promosi, baik melalui media cetak maupun media elektronik dan internet, yaitu dengan menjelaskan lebih detail mengenai tarif dan pelayanan yang ada di Hotel Raddin, sehingga jasa yang bersifat intangible dapat terlihat tangible.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dra. Asri Laksmi, MS
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis