Penulis Utama : Asih Wahyu Wulandari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F.1300011
Tahun : 2004
Judul : Analisis penerimaan pajak bumi dan bangunan di kecamatan andong kabupaten Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F.1300011-2004
Subyek : PAJAK BUMI DAN BANGUNAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Pendapatan negara terbesar berasal dari pajak, dan Pajak Bumi dan Bangunan merupakan pendapatan terbesar yang diperoleh pemerintah daerah. Terjadinya penyimpangan antara realisasi penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan terhadap anggaran yang seharusnya diterima, menyebabkan pemerintah daerah tidak dapat menggali sumber pendapatan potensial tersebut secara maksimal. Dari kondisi tersebut, penulis mengadakan penelitian di wilayah Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali untuk mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi terjadinya penyimpangan dan seberapa besar prosentase penyimpangan yang terjadi.

Dari hasil penelitian didapatkan bahwa kurang sadarnya masyarakat akan kewajibannya untuk membayar Pajak Bumi dan Bangunan merupakan faktor utama terjadinya penyimpangan antara realisasi penerimaan terhadap anggaran Pajak Bumi dan Bangunan yang seharusnya diterima. Disamping itu kurangnya informasi yang diperoleh oleh masyarakat mengenai Pajak Bumi dan Bangunan dan faktor aparat penagih pajak sangat berpengaruh dalam usaha peningkatan realisasi penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan. Dari prosentase penyimpangan terhada realisasi dari tahun ketahun menunjukkan penurunan, yang berarti dari tahun ketahun terjadi peningkatan realisasi Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan, walaupun masih ada penyimpangan di beberapa desa.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut diatas, didapatkan beberapa kesimpulan, antara lain bahwa kurang sadarnya masyarakat akan pemenuhan kewajibannya dalam pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan dikarenakan kurangnya informasi yang diberikan oleh pemerintah, untuk itu aparat pajak, dalam hal ini penagih pajak yang langsung berhadapan dengan wajib pajak diharapkan mampu memberikan pelayanan yang maksimal terhadap wajib pajak, mulai dari pemberian informasi hingga pemungutan pajak secara langsung. Sistem pemungutan pajak yang mudah dan efisien juga merupakan salah satu usaha yang perlu diterapkan untuk meningkatkan realisai penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan tepat sebelum jatuh tempo. Hal yang perlu diperhatikan oleh pemerintah daerah adalah dengan memberikan fasilitas yang mendukung aparat pajak dalam pelaksanaan tugasnya, serta pemberian penghargaan terhadap daerah yang dapat melunasi Pajak Bumi dan Bangunan sebelum jatuh tempo, akan meningkatkan kinerja seluruh aparat pajak, sehingga akan meningkatkan realisasi penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan dan pemerintah daerah dapat menggali sumber pendapatan potensial tersebut secara maksimal.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis