Penulis Utama : Dina Primadolla
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Pengaruh pengumuman pemecah saham (stock split) terhadap kinerja keuangan perusahaan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2004
Kolasi : 53 hal.: ilus.; tab.
Sumber : UNS-Fak.Ekonomi NIM.F0300030-2004
Subyek : MANAJEMEN KEUANGAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian yang dilakukan merupakan replikasi dari penelitian Asquith et al. (1989). Penulisan skripsi ini bertujuan untuk meneliti apakah pemecahan saham mengandung informasi mengenai peningkatan earnings perusahaan dalam jangka pendek sesudah pemecahan saham. Selain itu, tujuan lainnya adalah untuk melihat hubungan antara abnormal return dengan perubahan earnings.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di BEJ selama periode pengamatan (1999-2001). Sampel akhir yang diambil sebanyak 17 perusahaan yang mengumumkan pemecahan saham pada tahun 2000 dan sesuai dengan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan. Data yang digunakan berupa harga saham harian, Indeks Harga Saham Gabungan harian dan earning per share (EPS). Keseluruhan data sekunder tersebut diambil dari Pojok BEJ UGM dan UNS. Hipotesis yang telah diajukan akan diuji dengan menggunakan statistik t dan uji regresi.

Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa peristiwa pemecahan saham memang memiliki kandungan informasi. Tetapi, informasi itu bukanlah informasi yang terkait dengan perubahan earnings. Hal ini ditunjukkan oleh perusahaan-perusahaan yang memecah sahamnya ternyata tidak mengalami perubahan earnings yang signifikan dalam jangka waktu setahun sesudah pemecahan saham. Hal ini berarti bahwa peristiwa pemecahan saham tidak mengandung informasi mengenai peningkatan earnings yang berarti dalam jangka pendek sesudah pengumuman pemecahan. Penelitian ini menunjukkan pula bahwa tidak ada hubungan antara abnormal return yang terjadi diseputar pengumuman pemecahan saham dengan perubahan earnings perusahaan yang terjadi sesudah pemecahan saham.

Berdasarkan hasil-hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengumuman pemecahan saham tidak dapat diartikan sebagai peningkatan kinerja perusahaan dalam jangka pendek sesudah pengumuman dilakukan. Selain itu, investor yang ada masih merupakan investor yang mempunyai kemampuan terbatas didalam mengartikan dan menginterpretasikan informasi yang ada dalam laporan keuangan.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis