Penulis Utama : Adi Prasetyo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Evaluasi penerimaan pajak bumi dan bangunan tahun anggaran 2000-2002 di DIPENDA Kabupaten Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3400003-2004
Subyek : PAJAK BUMI DAN BANGUNAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Pembangunan merupakan proses dinamis yang berencana guna menggerakkan serta memanfaatkan segala sumber dana potensi yang dimiliki suatu negara, guna mencapai suatu sasaran dan tujuan. Dalam pelaksanaan pembangunan diperlukan dana, guna menjamin kelangsungan pembangunan itu sendiri. Dari sekian banyak sumber dana, pajak merupakan salah satu sumber penerimaan negara yang potensial. Pemerintah daerah sama halnya dengan pemerintah pusat, juga memerlukan dana dalam rangka pembiayaan daerahnya. Dalam rangka pemberian otonomi yang lebih luas kepada daerah, terutama dibidang keuangan, daerah diberi wewenang untuk menggali sumber dana yang ada sesuai dengan potensi dan keadaan daerah masing-masing. Dari sekian macam sumber pendapatan daerah, Pajak Bumi dan Bangunan mempunyai peranan yang cukup penting sebagai sumber dana pembiayaan pembangunan daerah.

Penulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui penerimaan PBB di Dipenda Kabupaten Sukoharjo selama Tahun Anggaran 1999/2000s/d 2001/2002. Adapun data yang digunakan dalam penulisan ini adalah berupa data yang bersumber dari Dinas Pendapatan Daerah yaitu rekapitulasi target dan realisasi penerimaan pajak bumi dan bangunan.

Dari hasil evaluasi dapat disimpulkan bahwa kegiatan pemungutan pajak bumi dan bangunan di Dependa Kabupaten Sukoharjo kurang begitu baik karena realisasi penerimaan selama 3 tahun anggaran selalu lebih kecil dari target penerimaan.

Tetapi meskipun kegiatan pemungutan kurang begitu baik maka masih perlu dioptimalkan lagi prosedur dalam pemungutan pajak tersebut. Karena dalam penetapan target masih berdasarkan realisasi penerimaan tahun lalu, jadi kurang memperhatikan potensi yang ada. Keberhasilan pemungutan PBB untuk merealisasikan target penerimaan sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor penghambat yang sangat berpengaruh terhadap besarnya pajak yang dapat direalisasikan.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Sri Sularso, MSi., Ak.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis