Penulis Utama : Kuncoro
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Analisis efektifitas penerimaan pajak bumi dan bangunan tahun anggaran 1998-2002 di kota Salatiga
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2003
Kolasi : 61 hal.:
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3400089-2003
Subyek : PAJAK BUMI DAN BANGUNAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Pajak Bumi dan Bangunan merupakan salah satu jenis pajak negara yang hasil penerimaannya disumbangkan kepada Pemerintah Daerah. Pajak Bumi Bangunan pengelolaannya diserahkan kepada Direktorat Jenderal Pajak dengan unit operasionalnya adalah Kantor Pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan (KPPBB).

Untuk wilayah Kodia Salatiga Pajak Bumi dan Bangunan dikelola sepenuhnya oleh Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) dengan unti operasional yaitu Kantor Pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan (KPPBB). Pemerintah Kota Salatiga mencatat bahwa penerimaan PBB memberikan sumbangan tertinggi kepada daerah yaitu sebesar 67,5%. Oleh karena penerimaan PBB terus ditingkatkan dengan harapan dapat membantu kelancaran proses pembangunan daerah.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerimaan PBB serta upaya-upaya apa yang ditempuh oleh Pemerintah Kota Salatiga dalam meningkatkan penerimaan PBB. Hal ini dikarenakan dalam prosesnya penerimaan PBB masih banyak mengalami hambatan-hambatan disana-sini.

Setelah melakukan analisis dengan menggunakan beberapa metode-metode maka kesimpulan yang dapat diambil adalah efektivitas penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan tahun anggaran 1998-2002 cukup efektif karena selalu melebihi target yang ditetapkan oleh Pemerintah Kota Salatiga (BPKD). Realisasi penerimaan per tahun rata-rata Rp 3.121.567.186,-. Dengan menggunakan analisis statistik yaitu Standar Deviasi efektivitas penerimaan PBB tahun anggaran 1998-2002 juga masih bisa dikatakan efektif karenakan penyimpangannya masih dalam batas 1 Standar Deviasi dan berada dibawah rata-rata penerimaan PBB tahun anggaran 1998-2002, sedangkan dilihat dari perbandingan dengan efektivitas dari daerah lain di Jawa Tengah yaitu Surakarta, Karanganyar, Sukoharjo, dan Klaten, efektivitas penerimaan PBB di Salatiga cukup efektif karena persentase efektivitas penerimaan PBB di Kota salatiga lebih tinggi dengan apa yang dicapai oleh keempat daerah tersebut yaitu sebesar 147,16%.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Doddy Setiawan, SE., M.Si., Ak
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis