Penulis Utama : Ahsan Asjhri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Kritik Clekit terhadap Amerika Serikat (Studi Semiotika mengenai Kritik terhadap Invasi Amerika Serikat ke Irak dalam Kartun Editorial Clekit di Jawa Pos Periode Maret - April 2003)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP UNS - 2004
Kolasi : xii, 102 hal.
Sumber : UNS-FISIP NIM.D0299022-2004
Subyek : AMERIKA SERIKAT, KRITIK
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penampilan kartun editorial Clekit yang terkadang tampil dengan kocak maupun satir sebagai sebuah bahasa gambar (non verbal), membuat materi pesan yang disampaikannya mudah dicerna dan dipahami oleh berbagai lapisan masyarakat. Namun, dengan sifat kartun editorial yang menampilkan permasalahan aktual dan secara kontekstual bersentuhan dengan masalah sosial, politik, sosial, ekonomi dan budaya: maka tidaklah berlebihan apabila kartun editorial Clekit sering diidentikkan sebagai tajuk karena dianggap sebagai representasi opini Jawa Pos terhadap suatu permasalahan aktual, dalam hal ini kebijakan kontroversial Amerika Serikat (AS) dalam menginvasi Irak tahun 2003.

Dengan menggunakan metode analisis semiotik tiga tahap, yakni: Sintaks Komunikasi, Semantik Komunikasi dan Pragmatis Komunikasi, penelitian ini memandang bahwa 11 buah kartun editorial Clekit yang bertemakan invasi AS ke Irak selama Maret hingga April 2003 sebagai sebuah ?teks? dengan berbagai tanda yang bersifat visual seperti illustrasi kartun, teks verbal, maupun penggunaan teknik kartunal dalam mengemas pesan. Dengan melakukan interpretasi terhadap berbagai tanda visual tersebut, penelitian ini mengungkapkan sebuah pemaknaan bahwa kartun editorial Clekit tidak ubahnya sebagai opini Jawa Pos yang mengkritisi kebijakan AS tersebut. Jawa Pos secara tersirat memandang bahwa invasi AS ke Irak sebagai usaha AS dalam memaksakan suatu tatanan dunia baru berdasarkan kepentingan nasionalnya, terutama menyangkut keamanan dalam negeri pasca tragedi Black September.

Jawa Pos dalam menyampaikan kritik melalui kartun editorial Clekit tersebut, mengangkat isu mengenai klaim AS sebagai polisi dunia yang berhak menjaga perdamaian dunia dari negara yang dituduhnya sebagai teroris internasional, termasuk berbagai tuduhannya terhadap Irak yang hingga kini tidak terbukti. Selain itu, kebijakan unilateral AS dalam menginvasi Irak dikritik Jawa Pos sebagai sebuah bentuk ancaman bagi perdamaian dunia maupun ancaman bagi kemanusiaan. Jawa Pos juga melihat bahwa invasi ke Irak tersebut dilandasi oleh motivasi AS dalam menguasai cadangan minyak Irak untuk pemenuhan kebutuhan negara tersebut akan energi bagi konsumsi industri dan masyarakatnya.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Pawito, Ph.D
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP