Penulis Utama : Suyatno
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Remediasi pengajaran fisika dengan metode diskusi pada pokok bahasan optika geometri di tinjau dari identifikasi kesulitan belajar siswa di SMU Islam Surakarta tahun pelajaran 2001/2002
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP UNS - 2004
Kolasi : xv, 72 hal.
Sumber : UNS-FKIP NIM.K2397048-2004
Subyek : FISIKA-STUDI DAN PENGAJARAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengetahui tingkat efektifitas pengajaran remedial dengan metode diskusi dibanding dengan metode tanya jawab pada siswa yang mengalami kesulitan belajar kategori rendah pada palajaran fisika pokok bahasan optika geometri, 2). Mengetahui tingkat efektifitas pengajaran remedial dengan metode diskusi dibanding dengan metode tanya jawab pada siswa yang mengalami kesulitan belajar kategori tinggi pada palajaran fisika pokok bahasan optika geometri.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas II SMU Islam I Surakarta tahun pelajaran 2001/2002 terdiri dari 5 kelas dengan jumlah siswa 198 orang. Sampel yang diambil sebanyak 2 kelas dengan jumlah siswa 80 orang, terbagi atas kelompok eksperimen dan kelompok kontrol masing-masing 40 orang. Data penelitian berupa hasil tes preatasi belajar siswa diperoleh dengan pemberian tes obyektif. Instrumen penelitian berupa butir-butir soal yang telah diananlisis validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan derajat kesukaran soal. Untuk mengetahu kesamaan kemampuan awal kedua kelompok dilakukan uji-t dua pihak. Analisis data untuk pengujian hipotesis dilakukan uji-t satu pihak. Sebagai persyaratan analisis digunakan uj normalitas dengan metode Lilliefors dan uji homogenitas dengan metode Bartlett.

Dari hasil analisis didapatkan ; 1). Harga thitung = 2,64. harga ttabel pada taraf signifikansi 0,05 dan derajat kebebasan 57 adalah 1,67. Hal ini menunjukkan bahwa thitung>ttabel. Berarti hipotesis pertama : “Remediasi pengajaran fisika dengan metode diskusi lebih efektif dibanding remediasi pengajaran fisika dengan metode tanya jawab pada konsep optika geometri untuk siswa yang mengalami kesulitan belajar kategori rendah” diterima. 2). Harga thitung = 1.27. Harga ttabel pada taraf signifikansi 0,05 dan derajat kebebasan 14 adalah 1,76. Hal ini menunjukkan bahwa thitung< ttabel. Berarti hipotesis kedua: “ Remediasi pengajaran fisika dengan metode diskusi lebih efektif dibanding remediasi pengajaran fisika dengan metode tanya jawab pada konsep optika geometri untuk siswa yang mengalami kesulitan belajar kategori tinggi” ditolak.

Implikasi dari penelitian ini bahwa remediasi pengajaran fisika dengan metode diskusi dan metode tanya jawab dapat diterapkan dalam proses belajar mengajar sehingga prestasi belajar siswa dapat ditingkatkan.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Trustho Rahardjo,MPd.
2. Drs Y Radiyono
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP