Penulis Utama : Suci Wulandari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Pengaruh kepemimpinan terhadap perilaku chizenship (OCB), kepuasaan kerja dan komitmen organisasi (studi pada tenaga perawat di RSU PKU Muhammadiyah Yogyakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2004
Kolasi : xv, 127 hal.
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM>F0200099-2004
Subyek : KEPEMIMPINAN (DALAM MENEJEMEN)
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Masalah yang hendak dicari jawabannya dalam penelitian ini adalah mengenai efektivitas organisasi yang dikaitkan dengan kepemimpinan, OCB, kepuasan kerja dan komitmen organisasi pada tenaga perawat RSU PKU Muhammadiyah Yogyakarta dimana perawat adalah ujung tombak pelayanan medis. Hal ini dilatar belakangi oleh adanya kompetisi yang ketat antar rumah sakit dalam memberikan pelayanan medis. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: pertama, apakah terdapat pengaruh antara kepemimpinan ( transaksional dan transformasional ) terhadap OCB, kepuasan kerja dan komitmen organisasi pada tenaga perawat di RSU PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Kedua, apakah terdapat pengaruh antara kepuasan kerja terhadap komitmen organisasi pada tenaga perawat di RSU PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Ketiga, apakah terdapat pengaruh antara kepuasan kerja terhadap OCB pada tenaga perawat di RSU PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Keempat, apakah terdapat pengaruh antara komitmen organisasi terhadap OCB pada tenaga perawat di RSU PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Sehubungan dengan masalah tersebut diajukan hipotesis sebagai berikut: H1a, ada pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan transaksional terhadap OCB pada tenaga perawat di RSU PKU Muhammadiyah Yogyakarta. H1b, ada pengaruh positif yang signifikan antara kepemimpinan transformasional terhadap OCB pada tenaga perawat di RSU PKU Muhammadiyah Yogyakarta. H2a, ada pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan transaksional terhadap komitmen organisasi pada tenaga perawat di RSU PKU Muhammadiyah Yogyakarta.H2b, ada pengaruh positif yang signifikan antara kepemimpinan transformasional terhadap komitmen organisasi pada tenaga perawat di RSU PKU Muhammadiyah Yogyakarta. H3a, ada pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan transaksional terhadap kepuasan kerja pada tenaga perawat di RSU PKU Muhammadiyah Yogyakarta. H3b, ada pengaruh positif yang signifikan antara kepemimpinan transformasional terhadap kepuasan kerja pada tenaga perawat di RSU PKU Muhammadiyah Yogyakarta. H4, ada pengaruh yang signifikan antara kepuasan kerja terhadap komitmen organisasi pada tenaga perawat di RSU PKU Muhammadiyah Yogyakarta. H5, ada pengaruh yang signifikan antara kepuasan kerja terhadap OCB pada tenaga perawat di RSU PKU Muhammadiyah Yogyakarta. H6, ada pengaruh yang signifikan antara komitmen organisasi terhadap OCB pada tenaga perawat di RSU PKU Muhammadiyah Yogyakarta.

Sejalan dengan masalah tersebut dan hipotesis penelitian maka penelitian ini dilaksanakan untuk menguji model dengan menggunakan metode SEM ( Structural Equation Model ) dengan program AMOS 4.0. Populasinya adalah tenaga perawat di RSU PKU Muhammadiyah Yogyakarta dan sampel diambil dengan stratified sampling.

Hasil analisis menunjukkan bahwa besarnya angka kriteria  SEM adalah CFIN/DF ( 0,977 ), GFI ( 0,970 ), AGFI ( 0,889 ), TLI ( 0,944 ), CFI ( 0,977 ) RMSEA ( 0,098 ) dan estimasi parameter menunjukkan bahwa semua jalur analisis memiliki C.R yang lebih besar dari 2,63 pada signifikansi 0,01.

Dari bukti-bukti tersebut dapat disimpulkan bahwa model analisis diterima dan semua hipotesis didukung dalam penelitian ini. Dan terlihat dengan jelas dalam penelitian ini bahwa hal yang sangat berpengaruh besar dalam menciptakan OCB adalah kepuasan kerja dan komitmen organisasi. Hal ini ditunjukkan dari peran dua variabel tersebut dalam memediasi pengaruh antara kepemimpinan dengan OCB. Berdasarkan temuan tersebut maka diajukan saran untuk mengoptimalkan kepemimpinan transformasional dalam upaya meningkatkan kepuasan kerja dan komitmen organisasi, yang pada akhirnya dapat menciptakan OCB yang tinggi dalam upaya peningkatan efektivitas organisasi.

 

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Joko Suyono, SE, MSi
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis