Penulis Utama : Nur Ariyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Analisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap perilaku pembelian mobil bekas pada dealer di Kotamadya Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak.Ekonomi NIM.F1299078-2004
Subyek : PERILAKU KONSUMEN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Kendaraan roda empat / mobil merupakan barang kebutuhan masyarakat yang penting karena kegunaan dan manfaatnya untuk melakukan berbagai aktivitas seseorang. Mobil baru/bekas dapat diperoleh/dibeli pada toko/show room mobil/dealer baik itu dealer agen tunggal pemegang merk/dealer yang relatif besar.

Bagi masyarakat/konsumen dengan semakin banyaknya jumlah dealer mobil merupakan suatu keuntungan karena dapat menambahn alternatif pilihan dan dapat menurunkan harga penawaran. Munculnya delar-delare baru akan menambah persaingan yang makin ketat antar pengusaha dealer. Untuk menarik konsumen sebanyak mungkin maka pengusaha dealer harus dapat memahami perilaku konsumen dalam memutuskan pembelian.

Dalam penelitian ini perumusan masalahnya adalah pertama apakah ada hubungan positif antara lokasi dealer, keramahan karyawan dealer, pemberian hadiah, fasilitas kredit, penyediaan spare part dan service, uji coba/test drive dan besar/banyaknya barang di show room terhadap keputusan pembeli mobil, kedua faktor apa yang paling dominan berpengaruh.

Tujuan dalam penelitian ini adalah pertama agar diketahui ada tidaknya hubungan positif antara lokasi dealer, keramahan karyawan dealer, pemberian hadiah, fasilitas kredit, penyediaan spare part dan service, uji coba/test drive dan besar/banyaknya barang di show room terhadap keputusan membeli, kedua agar diketahui factor yang paling berpegaruh terhadap keputusan pembelian mobil bekas.

Dalam penelitian ini Hipotesa yang pertama adalah ada hubungan positif antara lokasi dealer, keramahan karyawan dealer, pemberian hadiah, fasilitas kredit, penyediaan spare part dan service, uji coba/test drive dan besar/banyaknya barang di show room terhadap keputusan pembeli mobil, hipotesa kedua adalah faktor yang dominan berpengaruh adalah test drive.

Penelitian ini dilakukan di wilayah Kotamadya Surakarta, yang menjadi populasi adalah semua orang yang dianggap potensial membeli mobil bekas. Dengan menggunakan metode Convinience dimana anggota populasi adalah masyarakat/ konsumen yang ditemui saat itu saja. Pengambilan sampel dilakukan secara representatif pada dealer mobil bekas.

Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisa statistik dengan menggunakan regresi linear berganda dan korelasi berganda.

Berdasarkan hasil analisa data, hipotesa pertama yang menyataka ada hubungan positif antara lokasi dealer, keramahan karyawan dealer, pemberian hadiah, fasilitas kredit, penyediaan spare part dan service, uji coba/test drive dan besar/banyaknya barang di show room terhadap keputusan pembeli mobil bekas terbukti kebenarannya. Hipotesa kedua yang menyatakan faktor yang paling dominan berpengaruh adalah test drive terbukti kebenarannya.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis