Penulis Utama : Waskito Tirtonugroho
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Pengaruh beta, size, ME/BE dan PER terhadap return saham pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Jakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0297144-2004
Subyek : SAHAM
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :
  1. Tujuan investor menanamkan dananya untuk mendapatkan keuntungan.
  2. Bila ditanamkan dalam surat berharga : obligasi keuntungannya : Bunga
  3. Bila ditanamkan dalam surat berharga dalam bentuk saham keuntungannya : dividend dan capital gain ( perbedaan harga beli dan harga jual saham )
  4. Investasi yang ditanamkan mengandung unsur ketidak pastian maka investor harus mempertimbangkan factor risiko.yang mempengaruhi keuntungan.
  5. Risiko ada 2 macam yaitu risiko sistimatis (risiko pasar) yang tidak dapat dihilangkan melalui diversifikasi dengan notasi beta sedangkan risiko tidak sistimatis adalah risiko yang dapat dihilangkan melalui diversifikasi saham.
  6. Tidak dapat dihilangkannya risiko pasar karena penyebabnya adalah factor yang berada diluar jangkauan perusahaan( krisis, peraturan pemerintah dll).
  7. Sedangkan risiko tidak sistimatis dapat dikurangi melalui diversifikasi karena factor tersebut masih berada dilingkungan perusahaan(intern): perubahan manajemen,pemogokan dll.
  8. Dari hasil penelitian penda menunjukkan bahwa baik risiko sistimatis maupun risiko tidak sistimatis menunjukkan pengaruh yang positif terhadap Return .
  9. Dari hasil penelitian pendahuluan menunjukkan bahwa selain risiko yang mempengaruhi Return ada variabel lainnya yang juga mempengaruhi return.
  10. Penelitian pendahuluan :a) CAPM(Lintner dan Sharpe) mengatakan bahwa beta merupakan satu-satunya factor yang mengungkapkan Return . Tetapi fakta menunjukkan bahwa selain Beta,ada variabel lain yang juga mepengaruhi Return yang tidak tercakup oleh Beta.b)Basu(1977) PER(rasio antara harga saham dan keuntungan perlembar saham) saham yang tinggi akan mendapatkan return yang tinggi. (pengaruh Return dan PER positif).c)Banz(1981),Brown,Kleiden dan Marsh(1983) Return dengan SizeFirm(total market value : harga x jumlah saham yang beredar) mempunyai pengaruh yang negative yaitu Size kecil mempunyai Return yang lebih besar.(perush kecil biasanya resiko untuk bangkrutnya besar sehingga kalau risiko besar keuntungannya besar).d) Stattman (1980),Resenberg,Reid Lanstein(1985) Return dan ME/BE ( ratio antara harga pasar saham dan nilai buku saham )mempunyai pengaruh yang positif)
  11. Dari hasil pependahuluan saya inginmencoba untuk menerapkan diBursa Efek Jakarta apakah penelitian yang terdahulu itu juga berlaku di BEJ.
  12. Populasi penelitian adalah Perusahaan Manufaktur di BEJ dan pengampilan sampelnya dengan Purposave sampling(: pengambilan sample berdasarkan kriteria yang dibutuhkan dalam penelitian ):a) Persh. Manuf yang terdaftar di BEJ paling tidak tahun 1999-2001 b)Berdasarkan frekwensi perdagangan,termasuk jenis perusahaan yang saham-sahamnya aktif diperdagangkan di BEJ c)Perusahaan telah menyampaikan laporan keuangansecara rutin dan mempunyai data keuangan yang lengkap sesuai dengan yang dibutuhkan dalam penelitian.
  13. Berdasarkan kriteria diatas yang menjadi sample adalah 44 perush.Manuft.
  14. Pendekatan data regresi menggunakan Cross section/time series dan Pooling selama jangka waktu 3 tahun.
  15. Untuk menguji hipotesa 1: Bahwa Beta,Size,ME/BE dan PER mempunyai pengaruh yang positif terhadap Return secara simultan dan signifikan terbukti,dimana berdasarkan uji F baik secara tahunan dan Pooling menunjukkan pengaruh yang positif ( dilihat dari……..
  16. Untuk menguji hipotesa: 2,3,4 dan 5 digunakan uji t untuk menguji pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen secara parsial (individu)a) Hipotesa 2. Adanya pengaruh positif beta terhadap Return dan signifikan terbukti,baik secara tahunan maupun pooled.b)Hipotesa 3
File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs K. Tjilik Suwito, MM
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis