Penulis Utama : Wahyu Kristiyaningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Analisis pengaruh variabel-variabel finansial terhadap beta saham manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2004
Kolasi : xiii, 92 hal.: ilus.;tab.
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0299110-2004
Subyek : MANAJEMEN KEUANGAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Masalah yang hendak dicari jawabannya dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh variabel-variabel finansial terhadap Beta saham perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Adapun variabel-variabel finansial tersebut adalah Return o n Asset, Finansial Leverage, Likuiditas, Total Asset Turnover, Deviden Payout dan Asset Size. Sehubungan dengan masalah tersebut diajukan hipotesis sebagai berikut (1) H1 : Return o n Asset mempunyai pengaruh negatif terhadap Beta saham, (2) H2 : Finansial Leverage mempunyai pengaruh positif terhadap Beta saham, (3) H3 : Likuiditas mempunyai pengaruh negatif terhadap Beta saham, (4) H4 : Total Asset Turnover mempunyai pengaruh negatif terhadap Beta saham, (5) H5 : Deviden Payout mempunyai pengaruh negatif terhadap Beta saham, (6) H6 : Asset Size mempunyai pengaruh negatif terhadap Beta saham.

Sejalan dengan masalah tersebut dan hipotesis penelitian maka penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode regresi tunggal dan regresi berganda. Regresi tunggal untuk mencari nilai Beta saham masing-masing perusahaan individual sedangkan regresi berganda untuk mencari hubungan Beta saham masing-masing perusahaan individual yang telah diseleksi dan diuji signifikansinya dengan variabel-variabel finansial yang diperoleh melalui analisa rasio keuangannya.

Hasil analisis menunjukkan bahwa Return o n Asset, Likuiditas, dan Deviden Payout mempengaruhi Beta secara negatif. Sedangkan Finansial Leverage, Total Asset Turnover, dan Asset Size mempengaruhi Beta secara positif. Variabel ROA, Finansial Leverage, Likuiditas dan Deviden Payout secara signifikan mempengaruhi Beta saham. Untuk variabel yang paling dominan mempengaruhi Beta saham adalah Finansial Leverage karena memiliki koefisien regresi yang paling tinggi. Adapun variabel Deviden Payout Ratio dan Asset Size ini tidak signifikan dalam mempengaruhi beta saham. Dengan R2 = 0,83566 dapat dijelaskan bahwa 83,57% perubahan beta saham dapat dijelaskan oleh variabel yang digunakan yaitu Return o n Asset, Finansial Leverage, Likuiditas, Deviden Payout, dan Asset Size.

Adapun beberapa masukkan yang ingin penulis sarankan dalam penelitian ini adalah (i) sebaiknya investor dan calon investor hendaknya memperhatikan variabel-variabel keuangan yang signifikan mempengaruhi Beta saham, (ii) hendaknya para emiten harus menyadari pentingnya arti publikasi laporan keuangan dan kualitas dalam pembuatan laporan tersebut, (iii) dalam penelitian ini menggunakan Beta saham perusahaan, secara individual oleh karena itu untuk penelitian selanjutnya sebaiknya menggunakan Beta Portofolio mengingat banyak investor yang membentuk portofolio.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Heru Agustanto, SE, ME
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis