Penulis Utama : Endy Hendrawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Analisis proses penetapan harga jasa pemasang listrik baru pada CV. Anugrah Setia Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2003
Kolasi : xii, 37 hal.: ilus.; lam.; tab.
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3200107-2003
Subyek : MANAJEMEN PEMASARAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Harga adalah sejumlah uang yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari suatu barang beserta pelayanannya. Harga juga merupakan salah satu faktor yang penting dalam bauran pemasaran. Penetapan harga pada perusahaan akan sangat berpengaruh pada kegiatan perusahaan. Penetapan harga yang kurang tepat dapat mengakibatkan konsumen enggan untuk menggunakan jasa yang ditawarkan.

Penetapan harga yang baik sangat diperlukan dalam mencapai keuntungan atau hasil maksimal seperti yang diinginkan oleh perusahaan, dan untuk dapat menentukan harga dengan baik memerlukan pengetahuan atau mengetahui bagaimana kemauan dan situasi pasar baik dalam bidang jasa naupun bidang-bidang yang lainnya.

Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran yang jelas bagaimana proses penetapan harga jasa pemasangan listrik baru yang dilakukan oleh CV. Anugrah Setia. Metodologi yang digunakan adalah dengan studi pustaka dan wawancara dengan pihak terkait serta menganalisa contoh kasus penetapan harga yang dilakukan oleh perusahaan.

Proses dan prosedur penetapan harga jasa pemasangan listrik baru pada CV. Anugrah Setia yang merupakan perusahaan jasa kontraktor listrik adalah meliputi proses survei lapangan, sistem penawaran harga, serta dokumen-dokumen yang diperlukan. Penulis akan membandingkan teori-teori yang diperoleh dengan praktek nyata pada perusahaan jasa kontraktor listrik CV. Anugrah Setia.

Prosedur penetapan harga sebenarnya dibuat dan dilaksanakan oleh satu bagian yaitu oleh administrasi teknik tetapi berkoordinasi dengan penanggungjawab teknik karena bagian ini menguasai bagaimana teknik penetapan harga yang baik dan mengetahui bagaimana situasi pasar material yang akan digunakan, sehingga memberikan keuntungan seperti yang telah ditargetkan oleh perusahaan atas suatu proyek, tapi kadangkala harga yang telah ditawarkan pada konsumen dapat berubah dikarenakn berubahnya harga material, oleh karena itu perusahaan harus merubah penawaran tersebut yang dapat mengakibatkan larinya konsumen ke perusahaan lain yang lebih baik dalam penetapan harga. Berdasarkan hasil penelitian penulis dapat diambil kesimpulan bahwa penetapan harga pada CV. Anugrah Setia yang dilakukan oleh administrasi teknik sudah baik bila dipandang dari segi keuntungan yang diperoleh, juga prosedur dan dokumen yang digunakan serta koordinasi dengan pihak-pihak terkait yaitu PLN sebagai pemegang seluruh kebijakan dalam bidang instalasi listrik juga telah memenuhi persyaratan, sehingga dapat menghasilkan keuntungan yang baik, disamping itu pihak perusahaan juga telah menggunakan metode pendekatan biaya dalam menetapkan harga jasanya.

Rekomendasi yang dapat penulis berikan adalah agar sistem penetapan harga dan kegiatan perusahaan dapat berjalan baik, maka pelaksanaan sistem penetapan harga harus tetap dijalankan dan meningkatkan koordinasi dengan pihak-pihak terkait. Selain itu pemilihan dan meminimalkan harga material juga merupakan faktor penting untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal yaitu dengan memiliki distribusi langsung. Material dari ditributor langsung ke perusahaan tanpa melalui toko listrik terlebih dahulu, tentunya akan menjadikan harga material lebih murah, selain itu kendala-kendala mengenai sulitnya mendapatkan material tertentu akan teratasi dengan baik.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Suyatno ZA, MS
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis