Penulis Utama : Sidik Hadiyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Implementasi Program Jaring Pengaman Sosial (JPS) Dana Operasional dan Pemeliharaan (DOP) Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) di Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Sukoharjo Tahun 2002
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP UNS - 2003
Kolasi : xiv. 117 hal.: ilus.;tab.
Sumber : UNS-FISIP NIM.D0199076-2003
Subyek : ANGGARAN PEMBANGUNAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Dana Operasional Dan Pemeliharaan (DOP) SD/MI merupakan program Jaring Pengaman Sosial (JPS) yang dimaksudkan untuk mempertahankan pelayanan pendidikan akibat dari krisis ekonomi. Dana program DOP SD/MI ini   berasal dari APBD kabupaten Sukoharjo.  Alokasi dana OP SD/MI di Kabupaten Sukoharjo pada tahun 2002 sebesar Rp 454.840.000,-. Dana tersebut diperuntukkan kepada 12 kecamatan yang ada di Kabupaten Sukoharjo. Untuk Kecamatan Sukoharjo mendapat alokasi dana Rp. 44.003.000,- yang dibagikan kepada 48 SD dan 7 MI.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana program DOP SD/MI di Kecamatan Sukoharjo tahun 2002 diimplementasikan. Khususnya yang berkaitan dengan komunikasi, sikap pelaksana, sumber daya dan dukungan/partisipasi masyarakat. Sehingga dari variabel-variabel tersebut dapat diketahui apa saja yang mendukung dan menghambat dalam proses implementasinya, yang meliputi tahap penetapan dana, tahap pengambilan dana, tahap penggunaan  dan tahap pelaporan dana.

Teori yang digunakan adalah teori implementasi dari Van Metter dan Van Horn, Grindle, Sabatier dan Mazmanian serta dari George Edward III. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Sukoharjo dengan pertimbangan di Kecamatan Sukoharjo belum pernah dilakukan penelitian tentang program DOP SD/MI. Sehingga peneliti tertarik untuk meneliti masalah ini.Tipe penelitian adalah deskriptif dengan memanfaatkan data kualitatif dan kuantitatif. Sumber data yang dgunakan adalah data primer (wawancara) dan sekunder.   Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, interview dan dokumentasi.   Teknik penentuan informan dalam penelitian ini dengan  purposive sampling. Untuk menjamin kevaliditasan data menggunakan trianggulasi data. Metode analisis data yang digunakan yang digunakan adalah metode analisis interaktif.

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa program ini secara umum dapat diimplementasikan sesuai petunjuk pelaksanaannya walaupun ada beberapa kekurangan yang dikatakan sebagai faktor penghambat seperti kurangnya alokasi dana dan adanya intervensi penggunaan dana.

Untuk memperbaiki implementasi program DOP SD/MI di tahun selanjutnya, peneliti menyarankan agar alokasi dana ditingkatkan, diadakan  pengaturan    waktu yang lebih baik dari pengambilan, penggunaan dan pelaporan dana, penggunaan di serahkan sepenuhnya kepada sekolah serta diadakan kunjungan rutin dari pembuat kebijakan agar mengetahui keadaan yang sebenarnya.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dra. Ismi Dwi A. N., MSi
2. Drs. Suryatmojo
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP