Penulis Utama : Priyoko Urry Sudibyo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Evaluasi penerimaan retribusi ijin mendirikan bangunan dalam menunjang pendapatan asli daerah pada pemerintah kota Surakarta (tahun 2000-2002)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3400037-2003
Subyek : PAJAK DAERAH
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Pada dasarnya pembangunan suatu daerah memerlukan biaya yang cukup besar, sementara itu saat ini setiap daerah telah memiliki kewenangan sendiri untuk mengatur daerahnya sendiri yang disebut otonomi daerah, sehingga Pemerintah Daerah Surakarta haarus berusaha menggali sumber dana untuk membiayai tugas-tugas pemerintahan dan pembangunan. Sumber dana tersebut bisa berasal dari Pendapatan Asli Daerah itu sendiri dan pendapatan yang berasal dari pemberian pemerintah. Salah satu Pendapatan Asli Daerah adalah dari hasil retribusi, misalnya retribusi perijinan tertentu tentang IMB ( Ijin Mendirikan Bangunan ).

Tujuan penulisan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui berapa perbandingan antara target dan realisasi, mengetahui kontribusi yang diberikan terhadap PAD pada Pemerintah Kota Surakarta serta untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan realisasi dan penurunan persentase retribusi IMB.

Kenaikan penerimaan Ijin Mendirikan Bangunan dapat dikembangkan melalui suatu perencanaan yang matang pada tiap tahunnya, dengan perencanaan tersebut dapat menargetkan seberapa besar retribusi IMB yang akan diperoleh pada tahun anggaran tertentu. Berdasarkan penerimaan akan dapat dibandingkan dengan targetnya. Peningkatan realisasi dan penurunan persentase dipengaruhi oleh penetapan target yang terlalu tinggi. Penetapan target tersebut dilakukan Dewan Kota untuk menyikapi adanya perubahan yang berpengaruh terhadap kondisi Surakarta dan perkembangan potensi yang ada selama tahun berjalan.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis