Penulis Utama : Tri Kurniati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Analisis faktor-faktor yang berhubungan dengan pembelian busana muslim pada toko perlengkapan muslim Kilat Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2003
Kolasi : 75 hal.
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F1299114-2003
Subyek : PERILAKU KONSUMEN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Kondisi ekonomi yang tidak menentu memunculkan iklim persaingan tajam diantara para pelaku usaha. Sehingga diperlukan kecermatan dalam mempertahankan market share yang berhasil dijaring, dan juga dalam merebut asar yang lebih luas. Disini diperlukan pemahaman tentang kondisi pasar beserta kebutuhannya, sehingga dapat dengan tepat memilih sterategi pemasaran yang diterapkan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara karakteristik konsumen (usia, pendidikan, pekerjaan, dan penghasilan) dengan tanggapan terhadap marketing mix yang ditawarkan toko KILAT Surakarta (harga, kualitas, pelayanan, promosi, dan lokasi). Hipothesis yang diajukan di sini diduga bahwa penghasilan konsumen dengan harga yang diberlakukan mempunyai hubungan signifikan paling kuat.

Dalam pengumpulan datanya disini digunakan teknik interview, kuesioner, dan obserasi. Sampel diambil dengan metode convenience sample, berjumlah 100 responden, yang populasinya adalah pengunjung toko KILAT. Untuk mengetahui validitas data digunakan rumus korelasi product moment, dan untuk reliabilitasnya digunakan formula Spearman Brown. Untuk mengetahui adanya signifikansi digunakan analisa Chi Square, dengan dibantu program SPSS, dan untuk mengetahui derajat keeratan hubungan /signifikansi tersebut digunakan alat analisa coeficient contigentsi.

Kesimpulan yang dapat dikemukakan adalah: ada hubungan yang signifikan antara usia dengan promosi, pendidikan konsumen dengan promosi, pekerjaan terhadap harga dan lokasi. Dan penghasilan dengan harga mempunyai derajat keeratan paling tinggi yaitu dengan selisih antara nilai C dengan Cmax sebesar 0.137. Dengan demikian hipothesis yang diajukan terbukti kebenarannya. Kemudian diikuti dengan hubungan antara usia dengan pendidikan dengan nilai selisih 0.138, kemudian antara penghasilan dengan lokasi dengan nilai selisih 0.241, dan terakhir adalah hubungan antara penghasilan dengan promosi dengan nilai selisih sebesar 0.482.

Berdasar kesimpulan tersebut perusahan disarankan 1) meningkatkan kegiatan promosi untuk menjaring market share yang lebih luas, dan 2) menyesuaikan harga dengan tingkat penghasilan konsumen.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis