Penulis Utama : Puspita Andriyanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2007
Judul : Analisis Pengaruh Suara Dan Pencahayaan Terhadap Produktivitas Dan Kenyamanan Pengguna Komputer
Edisi :
Imprint : Surakarta - TEKNIK - 2007
Kolasi : xiv, vI-2
Sumber : UNS-Fak. Teknik Jurusan Teknik Industri NIM.I0301038
Subyek :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Interaksi manusia dan komputer merupakan aktivitas yang banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Orang yang bekerja menggunakan komputer dalam waktu yang cukup lama setiap harinya akan mengalami kelelahan. Kelelahan ini dapat menyebabkan menurunnya produktivitas kerja dan menimbulkan ketidak-nyaman dalam bekerja. Cara untuk mengurangi kelelahan antara lain dengan pengaturan lingkungan kerja. Faktor lingkungan kerja diantaranya, yaitu: suara dan pencahayaan. Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh suara dan pencahayaan terhadap produktivitas dan kenyamanan pengguna komputer.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen faktorial sementara data hasil eksperimen dianalisis dengan menggunakan anova. Responden yang terlibat dalam penelitian ini adalah karyawan kantor sebanyak 10 orang dan mendapat 12 perlakuan, dimana setiap perlakuan dilakukan replikasi 3 kali. Perlakuan terdiri dari kombinasi dua faktor, yaitu: suara dan pencahayaan. Level suara terdiri dari 6 level, yaitu: suara tenang (45-55 dB), suara bising (70-75 dB), suara musik loudspeaker (65-70 dB), suara musik headphone, suara bising (65-70 dB) dikombinasikan suara musik loudspeaker (60-65 dB), dan suara bising (70-75 dB) dikombinasikan suara musik headphone. Level pencahayaan terdiri dari 2 level, yaitu: 300-350 lux dan 150-200 lux. Pekerjaan yang diamati berupa pekerjaan input data (angka dan tulisan). Parameter produktivitas dalam penelitian ini adalah data yang berhasil dimasukkan dengan benar. Parameter kenyamanan dalam penelitian ini adalah denyut jantung setelah diberi perlakuan.

Hasil uji anova menunjukkan bahwa suara dan pencahayaan berpengaruh signifikan terhadap produktivitas, sedangkan pada kenyamanan hanya suara yang berpengaruh secara signifikan. Pada pengujian SNK diketahui bahwa hampir semua jenis suara memiliki kemampuan berbeda dalam nendukung besar produktivitas. Uji SNK untuk kenyamanan menunjukkan hampir semua jenis suara secara statistik dinyatakan berkemampuan sama dalam dalam mempengaruhi kenyamanan. Persentase kontribusi faktor pada produktivitas, yaitu suara sebesar 79,233% dan pencahayaan sebesar 3,604%. Persentase kontribusi faktor pada kenyamanan, yaitu suara sebesar 6,952% dan pencahayaan sebesar -0.17%.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik