Penulis Utama : Tri Darmanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Peristiwa pembakaran 13-15 Mei 1998 dalam sajak ayat-ayat api karya Sapardi Djoko Damono (sebuah pendekatan Semiotik)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Sastra UNS - 2004
Kolasi : xiv, 167 hal.
Sumber : UNS-Fak. Sastra NIM.C0299051-2004
Subyek : SAJAK
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian dalam bentuk skripsi ini berjudul Peristiwa Pembakaran 13-15 Mei 1998 dalam Sajak “Ayat-ayat Api” Karya Sapadi Djoko Damono (Sebuah Pendekatan Semiotik). Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan agar dapat mendeskripsikan: (1) wacana puitik yang terdapat dalam sajak AaA karya SDD; (2) hubungan hipogramatik antara sajak AaA karya SDD dengan lirik lagu AO karya REG; (3) makna peristiwa pembakaran 13-15 Mei 1998 dalam kajian semiotik melalui pembacaan heuristik dan pembacaan hermeneutik, serta pengungkapan tema dan amanat yang dikandung oleh sajak AaA karya SDD.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan semiotik. Kerangka pemaknaan semiotik tersebut berupa ketaklangsungan ekspresi puisi, hubungan hipogramatik, dan pembacaan semiotik (pembacaan heuristik dan pembacaan hermeneutik). Tahap-tahap tersebut memudahkan peneliti dalam mengungkapkan tema dan amanat sajak AaA.

Objek penelitian ini adalah wacana puitik sajak AaA dan sistem tanda yang terdapat di dalamnya. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yaitu sajak AaA karya SDD dengan sumber data pembanding berupa lirik lagu AO karya REG dan sumber data sekunder berupa tulisan ilmiah dalam buku dan makalah yang telah dibukukan yang

isinya berkaitan dengan sajak AaA. Data tersebut diperoleh dengan teknik pustaka. Proses analisis data yang digunakan berupa model analisis interaktif (interactive model of analysis), yaitu analisis data dengan menggunakan langkah-langkah: pengumpulan dan klasifikasi data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi yang menggunakan metode induktif.

Dari hasil analisis sajak AaA dengan pendekatan semiotik dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) analisis wacana puitik sajak AaA berupa konvensi ketaklangsungan ekspresi puisi terdiri dari penggantian arti, penyimpangan arti, dan penciptaan arti; (2) antara sajak AaA karya SDD dengan lirik lagu AO karya REG memiliki hubungan hipogramatik. Sajak AaA merupakan teks transformasi dari teks lirik lagu AO; (3) pembacaan semiotik terhadap sajak AaA menghasilkan tema mengenai peristiwa pembakaran pada tanggal 13-15 Mei 1998 terhadap kota Jakarta dan Surakarta dan menampilkan amanat: menjadi penguasa harus amanah dan bermoral, menyelesaikan permasalahan dengan kejahatan (membakar) tidak memberikan solusi, agar masyarakat Indonesia memiliki pendirian kuat dan tidak mudah terhasut, dan segera mungkin bangkit untuk memperbaiki semua yang hancur.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa