Penulis Utama : Maimunah Nurfianti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Penggunaan kapur padam sebagai bahan tambahan perbaikan tanah urug ditinjau dari daya dukung tanah
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP UNS - 2003
Kolasi : xx, 69 hal.: ilus.;tab.
Sumber : UNS-FKIP NIM.K1598032-2003
Subyek : TANAH
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Besarnya daya dukung (bearing capasity) tanah urug setelah dicampur dengan kapur padam, (2) Prosentase penggunaan kapur padam yang harus ditambahkan ke dalam tanah urug agar menghasilkan daya dukung tanah yang optimal.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan dilakukan di laboratorium Mekanika Tanah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Teknik Bangunan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Pengambilan sampel tanah dari Jombor, Jimbung, Klaten. Pengujian terhadap tanah meliputi kadar air (water content), berat jenis (specific grafity), ukuran butiran (grain size), batas konsistensi (atterberg limit). Kemudian tanah ditambah (dicampur hingga rata)

dengan kapur padam dengan prosentase 0%, 2%, 4%, 6%, 8%, 10% dari berat tanah serta air, kemudian diuji pemadatan (standart proctor) dan uji geser langsung (direct shear) dengan jumlah sampel sebanyak 5 buah untuk setiap perlakuan, sehingga jumlah keseluruhannya 30 buah. Untuk perhitungan daya dukung tanah menggunakan rumus qult yang dikemukakan oleh Terzaghi, dengan berdasarkan dari data penelitian. Setelah data didapat kemudian dianalisis dengan menggunakan regresi quadratik, dengan nilai daya dukung sebagai variabel dependen (Y) dan variasi campuran kapur padam sebagai variabel independen (X).

Hasil analisis yang diperoleh dari persamaan regresi nilai daya dukung tanah pada prosentase penggunaan kapur padam antara 0% - 10%, diperoleh persamaan Y = 33,7775 + 7,8758 X 0,4412 X2. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan daya dukung tanah pada masing-masing perlakuan. Yaitu tanah tanpa penggunaan kapur padam (0%) qult rata-rata = 37.5680 kg/m2, tanah dengan penggunaan kapur padam 2% qult rata-rata = 42.2654 kg/m2, tanah dengan penggunaan kapur padam 4% qult rata-rata = 54.1069 kg/m2, tanah dengan penggunaan kapur padam 6% qult rata-rata = 72.5762 kg/m2, tanah lempung dengan penggunaan kapur padam 8% qult rata-rata = 69.0677 kg/m2, tanah lempung dengan penggunaan kapur padam 10% qult rata-rata = 66.2757 kg/m2. Dari data-data hasil penelitian dilaboratorium tersebut kemudian diolah secara statistik dan dihasilkan penambahan kapur padam paling optimum sebesar 8,9254 %, merupakan penambahan yang paling efektif untuk peningkatan daya dukung tanah. dengan qult= 68,9249 kg/m2. Terjadi perbedaan antara hasil statistik dengan hasil praktek menunjukkan adanya faktor-faktor kekurang sempurnaan dalam penelitian, misal : kurang homogennya dalam pengadukan campuran karena dikerjakaan secara manual (tenaga manusia) dan suhu yang cukup panas pada waktu penelitian mengakibatkan berkurangnya jumlah kadar air yang seharusnya ditambahkan dalam campuran.

Atas dasar penelitian ini maka dapat disimpulkan yaitu 1) Ada perubahan positif pada penggunaan kapur padam terhadap daya dukung tanah lempung, hal ini dibuktikan dengan hasil uji Analisis Kurva Regresi Quadratik dan pada taraf signifikansi 0,000, yang berarti jauh lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05, yang berarti Ho (koefisien regresi tidak signifikan) ditolak, dan ini berarti bahwa kapur padam tersebut benar-benar berpengaruh positif terhadap daya dukung tanah. 2) Penggunan kapur padam yang paling optimum untuk ditambahkan (dicampur hingga rata) pada tanah urug terhadap daya dukung tanah pada prosentase 8,9254 % dengan nilai qult rata-rata = 68,9249 kg/m2.

Sehingga dapat disarankan 1) Penggunaan kapur padam untuk penambahan (dicampur hingga rata) pada tanah urug dapat meningkatkan daya dukung tanah. 2) Dengan adanya informasi mengenai penggunaan kapur padam dalam usaha perbaikan tanah dalam batas-batas tertentu, bisa menjadi acuan dan petunjuk dalam mengerjakan konstruksi bangunan, khususnya tanah urugan untuk pondasi bangunan yang dibangun diatas tanah berbutir halus, dimana yang paling efektif adalah dengan prosentase 8,9254 % .

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Suradji, M
2. Drs. Slamet Widodo,ST,MPd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP