Penulis Utama : Angela Meyliana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Analisis segmentasi pasar dan pemetaan posisi kartu prabayar berdasar persepsi konsumen di kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik UNS - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik NIM.I0398006-2004
Subyek : PERILAKU KONSUMEN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Seiring dengan perkembangan teknologi, telah bermunculan jenis-jenis kartu prabayar yang menawarkan kelebihan-kelebihan kepada konsumen pengguna telepon seluler. Untuk menghadapi persaingan ini, masing-masing perusahaan (operator seluler) harus mengetahui dengan baik siapa yang menjadi konsumen dan mengetahui alasan mereka memilih produk tersebut. Banyaknya produk sejenis yang berbeda merk di pasaran menimbulkan banyaknya pilihan bagi konsumen dalam membeli. Masalah ini mengakibatkan persaingan menjadi semakin ketat bagi perusahaan yang bergerak dalam bidang dan pasar yang sama.

Dalam hal ini, tugas pihak manajemen adalah merumuskan strategi pemasaran yang tepat yang meliputi segmentasi, penentuan pasar sasaran dan penentuan posisi produk serta bauran pemasaran, untuk dapat memberikan kepuasan akan kebutuhan konsumen secara lebih sesuai. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk merancang strategi pemasaran yang tepat bagi kartu prabayar simPATI Nusantara. Metode yang digunakan adalah analisis multivariat yaitu analisis faktor, analisis cluster, analisis skala multi dimensional, dan analisis korespondensi.

Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen, yaitu faktor ketersediaan dan pelayanan, kualitas, harga, feature, dan iklan. Proses segmentasi membentuk 4 cluster, dimana cluster 1 terdiri dari responden yang lebih mementingkan kualitas, cluster 2 mementingkan ketersediaan dan pelayanan, cluster 3 mementingkan harga produk, sedangkan cluster 4 lebih mementingkan feature dan iklan produk dalam pemilihan kartu prabayar. Pada peta posisi, tampak posisi masing-masing merk kartu prabayar saling berjauhan. Hal ini menandakan bahwa persepsi konsumen terhadap satu merk kartu prabayar dianggap berbeda dengan merk kartu prabayar lainnya, atau tiap kartu mempunyai keunikan tersendiri. Lebih lanjut, diperoleh hasil bahwa simPATI Nusantara mempunyai kelebihan pada kualitas dan pelayanan, Mentari mempunyai kelebihan pada ketersediaan dan tarif pulsa, Pro XL mempunyai kelebihan pada iklan dan feature, IM3 Smart mempunyai kelebihan pada harga.

Hasil penelitian tersebut dijadikan masukan untuk merancang strategi pemasaran kartu simPATI Nusantara. simPATI Nusantara dapat dipasarkan pada segmen 1 dan atau segmen 2 atas pertimbangan kelebihan yang dimiliki, yaitu kualitas dan pelayanan. Karakteristik inilah yang dijadikan dasar dalam positioningnya. Adapun bauran pemasaran yang dirancang meliputi mempertahankan kualitas, menambah feature, mempertahankan harga, menambah saluran distribusi, meningkatkan promosi, dan meningkatkan pelayanan, demi tercapainya kepuasan pelanggan.

Kata Kunci : strategi pemasaran, konsumen, kartu prabayar, simPATI Nusantara

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik