Penulis Utama : Prawidi Setiyani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Evaluasi lahan untuk wisata alam di kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar tahun 2002
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP NIM.K5498037-2003
Subyek : PARIWISATA, INDUSTRI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas dan kelas kesesuaian lahan untuk wisata alam peruntukan khusus tempat berkemah dan tempat piknik di Kecamatan Ngargoyoso.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif sebagai prosedur penelitian. Teknik sampling yang digunakan adalah Sampel Area dengan satuan pemetaaan adalah satuan lahan. Teknik analisis menggunakan hukum minimum dengan cara matching. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi lapangan, wawancara, pengumpulan data sekunder dan analisis laboratorium, teknik ini digunakan untuk memperoleh data primer dan data sekunder yang digunakan untuk mengetahui kualitas dan karakteristik daerah penelitian.

Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa, parameter kesesuaian lahan yang mempunyai kualitas baik di setiap satuan lahannya adalah keadaan banjir karena seluruh daerah penelitian bebas dari bahaya banjir, sedangkan parameter yang mempunyai kualitas baik dan sedang adalah permeabilitas, drainase, tekstur serta kerikil dan kerakal. Parameter kesesuaian lahan yang mempunyai kualitas baik, sedang, dan buruk adalah kemiringan lereng, batu di permukaan dan singkapan batuan.

Kelas kesesuaian lahan untuk tempat berkemah dengan klasifikasi baik mempunyai luas daerah 796,4 ha atau meliputi 12% dari luas daerah penelitian dengan persebaran di Desa Kemuning, Segorogunung, Berjo, Jatirejo, Ngargoyoso, Nglegok dan Dukuh. Klasifikasi sedang memiliki luas 702,5 ha atau meliputi 11% dari seluruh daerah penelitian dengan persebaran di Desa Kemuning, Segorogunung, Girimulyo, Berjo, Jatirejo, Ngargoyoso dan Dukuh. Klasifikasi buruk mempunyai luas 5034,5 ha atau meliputi 77% dari luas daerah penelitian dengan persebaran di Desa Segorogunung, Berjo, Nglegok, Kemuning, Ngargoyoso, Dukuh dan Puntukrejo. Kelas kesesuaian lahan untuk tempat piknik dengan klasifikasi baik mempunyai luas daerah 990,4 ha atau meliputi 15% dari seluruh daerah penelitian dengan persebaran di Desa Kemuning, Segorogunung, Berjo, Jatirejo, Ngargoyoso, Nglegok dan Dukuh. Klasifikasi sedang mempunyai luas 1311 ha atau meliputi 20% dari luas daerah penelitian dengan persebaran di Desa Segorogunung, Kemuning, Ngargoyoso, Girimulyo, Berjo, Dukuh dan Puntukrejo. Klasifikasi buruk mempunyai luas 4232,5 ha atau meliputi 65% dari luas daerah penelitian dengan persebaran di Desa Segorogunung, Berjo, Ngargoyoso, Nglegok, Dukuh, Puntukrejo dan Kemuning. Objek wisata yang terdapat pada satuan lahan kelas buruk adalah Hutan Wisata, Candi Sukuh, Candi Planggatan, sedangkan objek wisata yang terletak pada satuan lahan dengan klasifikasi baik adalah Telaga Mardida. Satuan lahan yang mempunyai klasifikasi kelas baik merupakan lahan yang paling sesuai untuk mendukung kegiatan wisata alam, lahan yang mempunyai klasifikasi sedang kurang sesuai untuk lokasi wisata alam perlu dilakukan perbaikan-perbaikan pada faktor penghambatnya agar lahan tersebut dapat mendukung kegiatan wisata alam. Satuan lahan yang mempunyai klasifikasi kelas buruk merupakan lahan yang tidak sesuai untuk kegiatan wisata alam.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Setya Nugraha, SSi, MSi
2. Rahning Utomowati, SSi
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP