Penulis Utama : Riyadi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Analisis hubungan faktor-faktor penentu hutang luar negeri indonesia periode 1980-2000
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.0199059-2004
Subyek : INDONESIA-UTANG DAN PIUTANG NEGARA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah neraca transaksi berjalan (NCA), produk domestik bruto (PDB), tabungan domestik (DOM) dan nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika (KURS) berpengaruh terhadap hutang luar negeri Indonesia (HLN) untuk periode 1980-2000 baik dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang. Hutang luar negeri bagi negera berkambang seperti Indonesia merupakan suatu komponen yang turut ambil bagian dalam sebuah proses pembangunan.

Permasalahan hutang luar negeri ini telah lama menjadi bagian dari perekonomian Indonesia yang hingga saat ini masih menjadi pro dan kontra, karena disatu sisi hutang luar negeri diperlukan untuk menutup dana pembangunan dalam negeri sehingga perekonomian dapat tumbuh dan berkembang, tetapi disisi lain dapat menimbulkan beban bagi perekonomian karena kita harus membayar beban buga dan cicilan hutang.

Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder runtut waktu (time series) mulai dari tahun 1980 hingga tahun 2000 yang bersumber dari laporan Bank Indonesia, Badan Pusat Statistik, Nota Keuangan dan APBN serta sumber-sumber lain yang terkait dengan penelitian ini. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model dinamis Error Correction Model (ECM). Dipilihnya model ini bertujuan untuk memastikan bahwa data-data yang digunakan dalam keadaan stasioner sehingga terhindar dari masalah regresi lancung dan didapatkan hasil yang tidak menyesatkan.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel NCA dan PDB dalam jangka panjang berpengaruh terhadap hutang luar negeri, dimana hal ini tidak sesuai dengan hipotesis dengan nilai koefisien sebesar 1,933072 (NCA) dan 1,678704 (PDB). Namun variabel NCA kurang signifikan mempengaruhi hutang luar negeri Indonesia. Variabel tabungan domestik (DOM) dan nilai tukar rupiah (KURS) mempunyai pengaruh negatif yang signifikan dengan nilai koefisien sebesar –0,06128 dan –10,4208, dimana hasil ini sesuai dengan hipotesis yang diajukan.

Saran yang diajukan dalam penelitian ini diharapkan pemerintah menerapkan kebijakan untuk mengurangi ketergantungan terhadap hutang misalnya dengan meningkatkan ekspor nasional melalui penurunan pajak ekspor.Pemerintah juga harus memastikan bahwa penggunaan hutang luar negeri dapat efektif dan efisien untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Selain itu pemerintah juga perlu memonitor perkembangan hutang luar negeri swasta yang semakin besar sehingga tidak membawa dampak negatif bagi perekonomian secara umum

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis