Penulis Utama : Muchtar Ali Hakim
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Analisis pengaruh citra swalayan terhadap keputusan pembelian di Matahari Department-Store Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2004
Kolasi : xiii, 91 Hal.
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F1202041-2004
Subyek : PERILAKU KONSUMEN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini merupakan penelitian yang dimaksudkan untuk menguji pengaruh Atribut Swalayan terhadap Keputusan Pembelian di Matahari Department-Store cabang Singosaren Surakarta. Variabel Atribut Swalayan terdiri dari dimensi harga, aneka pilihan barang, tata letak, pelayanan, promosi, kwalitas, desain, fasilitas dan lokasi. Sedangkan variabel Keputusan Pembelian terdiri dari pembelian baru (first buying), pembelian ulang (straight rebuying) dan pembelian penyesuaian (modification buying). Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah (1) Apakah Atribut Swalayan (dimensi harga, aneka pilihan barang, tata letak, pelayanan, promosi, kwalitas, desain, fasilitas dan lokasi) secara individual mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian (pembelian baru, pembelian ulang dan pembelian penyesuaian). (2) Apakah Atribut Swalayan secara bersama-sama mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian. (3) Seberapa besarkah pengaruh Atribut Swalayan yang dapat dijelaskan terhadap Keputusan Pembelian. Dari permasalahan tersebut, hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah (1) Diduga terdapat pengaruh secara positif dari Atribut Swalayan terhadap Keputusan Pembelian (pembelian baru, pembelian ulang dan pembelian penyesuaian) di Matahari Department-Store. (2) Diduga Atribut Swalayan yang paling kuat pengaruhnya terhadap keputusan Pembelian Baru adalah variabel Promosi. (3) Diduga Atribut Swalayan yang paling kuat pengaruhnya terhadap keputusan Pembelian Ulang adalah variabel Pelayanan. (4) Diduga Atribut Swalayan yang paling kuat pengaruhnya terhadap keputusan Pembelian Penyesuaian adalah variabel Harga.

Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif/hubungan dengan menggunakan metode survai. Data yang digunakan adalah data primer dan skunder. Populasi yang dipilih adalah para konsumen Matahari Department-Store, sedangkan sampelnya adalah customer yang sedang melakukan pembelian (berbelanja). Teknik pengambilan sampelnya dengan menggunakan metode Acidental Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada responden. Instrumen pengumpulan data ini diuji terlebih dahulu validitasnya dengan menggunakan korelasi Product Moment, sedangkan untuk menguji keandalan data di gunakan uji reliabilitas Cronbach Alpha. Teknik analisa data dilakukan dengan menggunakan Analisis Faktor dan Regresi Berganda. Analisis Faktor dilakukan untuk menguji item-item Atribut swalayan dengan metode varimax rotation dan Principal Component Analysis Extraction dengan menggunakan 24 item pertanyaan tentang Atribut Swalayan. Sedangkan Analisis Regresi Linear Berganda digunakan untuk mengukur pengaruh Atribut Swalayan terhadap Keputusan Pembelian dengan menggunakan Level of Significancy ( ) sebesar 5%. Dalam uji Regresi Berganda terdapat Uji Parsial (t test) yang menguji pengaruh masing-masing Atribut Swalayan secara Individual, Uji Serempak (F test) untuk menguji pengaruh Atribut Swalayan terhadap Keputusan Pembelian secara serempak / bersama-sama dan Uji Koefisien Determinasi Majemuk (Uji R2) untuk mengetahui seberapa besarkah pengaruh Atribut Swalayan terhadap Keputusan Pembelian yang dapat dijelaskan.

Berdasarkan analisi data terhadap 100 jawaban responden, diperoleh hasil dari seluruh pertanyaan yang diajukan semuanya Valid dan Andal (Reliabel). Didalam Uji Parsial, Atribut Swalayan secara individu mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Untuk Pembelian Baru, faktor Promosi mempunyai pengaruh terbesar, sehingga hipotesis yang menyatakan bahwa Atribut Swalayan yang paling kuat pengaruhnya terhadap keputusan Pembelian Baru adalah variabel Promosi terbukti benar. Untuk Pembelian Ulang, faktor Fasilitas mempunyai pengaruh terbesar, sehingga hipotesis yang menyatakan bahwa Atribut Swalayan yang paling kuat pengaruhnya terhadap keputusan Pembelian Ulang adalah variabel Pelayanan tidak terbukti. Untuk Pembelian Penyesuaian, faktor Harga mempunyai pengaruh terbesar, sehingga hipotesis yang menyatakan bahwa Atribut Swalayan yang paling kuat pengaruhnya terhadap keputusan Pembelian Penyesuaian adalah variabel Harga terbukti benar.

Sedangkan hasil uji Serempak, Atribut Swalayan secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Sehingga hipotesis yang menyatakan bahwa Atribut Swalayan secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan Pembelian (Pembelian Baru, Pembelian Ulang, Pembelian Penyesuaian) terbukti benar. Pada Koefisien Determinasi (R2) menunjukan bahwa 37,2% variasi dari Pembelian Baru bisa dijelaskan oleh Atribut Swalayan. Pada Koefisien Determinasi (R2) menunjukan bahwa 22,4% variasi dari Pembelian Ulang bisa dijelaskan oleh Atribut Swalayan. Pada Koefisien Determinasi (R2) menunjukan bahwa 46,0% variasi dari Pembelian Penyesuaian bisa dijelaskan oleh Atribut Swalayan.

Saran yang bisa disampaikan terhadap perusahaan adalah; oleh karena faktor Promosi merupakan faktor yang mempunyai pengaruh terbesar terhadap Keputusan Pembelian Baru, maka pihak manajeman hendaknya lebih aktif menggalakan promosi. Sedangkan faktor Fasilitas merupakan faktor yang mempunyai pengaruh terbesar terhadap Keputusan Pembelian Ulang, maka pihak manajeman hendaknya lebih mengoptimalkan Fasilitas yang sudah ada. Dan faktor Harga merupakan faktor yang mempunyai pengaruh terbesar terhadap Keputusan Pembelian Penyesuaian, maka pihak manajeman hendaknya lebih memperhatikan strategi Penerapan Harga.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Retno Tanding Suryandari, SE., ME
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis