Penulis Utama : Astri Gupita Rismasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Pengaruh gaya kepemimpinan terhadap komitment organisasi (studi pada hotel Novotel)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0200028-2004
Subyek : KEPEMIMPINAN (DALAM MANAJEMEN)
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini membahas tentang pengaruh dari gaya kepemimpinan manajer terhadap komitmen organisasional karyawan pada Hotel Novotel Solo. Sehubungan dengan masalah yang hendak diteliti tersebut, diajukan hipotesis sebagai berikut: (1) Kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional. (2) Kepemimpinan transaksional berpengaruh negatif dan signifikan terhadap komitmen organisasional. (3) Kepemimpinan transformasional dan kepemimpinan transaksional secara bersama-sama berpengaruh dan signifikan terhadap komitmen organisasional. (4) Kepemimpinan transformasional berpengaruh dominant terhadap komitmen organisasional.

Sejalan dengan masalah dan hipotesis yang telah dikemukakan, maka penelitian ini mengambil sampel beberapa karyawan pada Hotel Novotel Solo sebagai responden. Metode yang diterapkan adalah proportional random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Data yang telah terkumpul diuji tingkat validitas dan reliabilitasnya untuk mengetahui seberapa cermat dan konsisten alat ukur yang digunakan.

Analisis data meliputi analisis deskriptif dan kuantitatif. Analisis deskriptif digunakan untuk menganalisis profil responden dan tanggapan responden terhadap setiap item kuesioner. Pada analisis kuantitatif digunakan analisis regresi berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi untuk mengetahui pengaruh dari gaya kepemimpinan terhadap komitmen organisasional.

Dari hasil analisis data terlihat bahwa secara umum gaya kepemimpinan manajer yang diterapkan adalah transaksional dan komitmen organisasional karyawan tergolong tinggi. Selain itu, diketahui pula bahwa kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan kepemimpinan transaksional berpengaruh negatif terhadap komitmen organisasional. Kedua gaya kepemimpinan tersebut secara bersama-sama juga berpengaruh terhadap komitmen organisasional. Gaya kepemimpinan transformasional berpengaruh dominant terhadap komitmen organisasional. Menurut hasil penelitian, pengaruh gaya kepemimpinan terhadap komitmen organisasioanal sebesar 38,5%.

Kesimpulan yang diperoleh adalah gaya kepemimpinan transformasional dan transaksional berpengaruh secara parsial dan bersama-sama terhadap komitmen organisasional. Saran yang dianjurkan adalah agar manajer berhati-hati dalam menerapkan gaya kepemimpinannya, manajer diharapkan untuk meningkatkan komitmen organisasional karyawannya, dan pada penelitian selanjutnya harap menambah variabel lain dan mengkaji pengaruh gaya kepemimpinan secara lebih mendalam.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis