A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined offset: 1

Filename: controllers/dokumen.php

Line Number: 604

Reaksi pasar terhadap peristiwa bom Bali dan bom Marriott
Penulis Utama : Erika Dwi Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Reaksi pasar terhadap peristiwa bom Bali dan bom Marriott
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2004
Kolasi : 44 hal.:
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F1302057-2004
Subyek : TERORISME-ASPEK PASAR
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis reaksi pasar modal Indonesia (Bursa Effek Jakarta) terhadap peristiwa politik dalam negeri. Fokus dalam penelitian ini adalah peristiwa bom Bali 12 Oktober 2002 dan peristiwa bom Marirott 5 Agustus 2003. Hipotesis yang hendak dibuktikan dalam penelitian ini merupakan hipotesis untuk menguji ada tidaknya abnormal return yang signifikan yang diperoleh investor akibat adanya peristiwa bom Bali 12 Oktober 2002 dan peristiwa bom Marriott 5 Agustus 2003.

Penelitian ini menggunakan pendekatan Event Study (Studi Peristiwa). Metode pengambilan sampel dilakukan dengan metode Purposive Sampling (Pengambilan sampel berdasarkan kriteria), diperoleh sampel untuk peristiwa bom bali 12 Oktober 2002 sebanyak 35 perusahaan dan sampel untuk peristiwa bom Mariott 5 Agustus 2003 sebanyak 39 perusahaan. Hipotesis dalam penelitian ini akan di uji dengan menggunakan uji t.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa peristiwa bom Bali 12 Oktober 2002 memberikan abnormal return yang signifikan bagi investor pda 5 (lima) hari sebelum event date dan 1 (satu), 2 (dua) dan 4( empat) hari setelah event date. Peristiwa bom Marriott memberikan abnormal return yang signifikan bagi investor pada 4 (empat), 3 (tiga), 1 (satu) hari sebelum event date, pada saat event date (hari ke 0) dan pada 2 (dua), 3 (tiga), 4 (empat) hari setelah event.

Kesimpulan yang diperoleh dari hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa pasar modal berekasi terhadap kegiatan di luar kegiatan ekonomi yang memiliki skala nasional. Hal ini ditunjukkan dengan adanya abnormal raturn yang signifikan yang diterima oleh investor akibat peristiwa bom bali 12 Oktober 2002 dan peristiwa bom Marriott 5 Agustus 2003.

 

 

 

Kata kunci = Studi peristiwa, reaksi pasar, abnormal return

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis