Penulis Utama : Hasni Diah Lukmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2009
Judul : Persepsi dewan perwakilan rakyat daerah dan badan pengawas daerah terhadap laporan keuangan pemerintah daerah (studi empiris di eks Karesidenan Surakarta dan Kabupaten Ngawi)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi - 2009
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi Jur. Akuntansi-F.0304064-2009
Subyek : LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Tujuan utama penyusunan laporan keuangan daerah adalah akuntabiltas yang meliputi pemberian informasi kepada user sehingga memungkinkan untuk menilai pertanggungjawaban pemerintah atas semua aktivitas yang dilakukan. Berkaitan dengan tujuan tersebut, penelitian ini menguji perbedaan persepsi antara Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan Badan Pengawas Daerah (Bawasda) sebagai user terhadap laporan keuangan pemerintah daerah di wilayah eks karesidenan Surakarta dan kabupaten Ngawi.

Data penelitian merupakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada responden. Jumlah kuesioner yang terkumpul adalah 127 buah yang berasal dari DPRD dan Bawasda yang berada di wilayah eks karesidenan Surakarta dan kabupeten Ngawi. Validitas data diuji dengan uji Pearson Correlation Product Moment. Reliabilitas data diuji dengan teknik Cronbach’s Alpha. Normalitas data diuji dengan menggunakan Kolmogorov-Smirnov. Uji hipotesis menggunakan uji Mann Whitney.

Hipotesis penelitian adalah terdapat perbedaan persepsi antara DPRD dan Bawasda. Hasil dari uji hipotesis menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan persepsi antara Dewan perwakilan rakyat daerah dan badan pengawas daerah terhadap laporan keuangan pemerintah daerah.

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I.rtf
BAB III.rtf
BAB IV.rtf
BAB V.rtf
Daftar Pustaka.rtf
File Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Jaka Winarna, M.Si, Ak
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis