Penulis Utama : Nani Wijayawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Pengaruh Based Self-Esteem terhadap keinginan pindah : komitmen organisasi sebagai variabel intervening
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0300007-2004
Subyek : MANAJEMEN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tingginya jumlah perputaran karyawan yang terjadi pada Kantor Akuntan Publik (KAP) telah menarik perhatian dari banyak peneliti. Ratnawati dan Kusuma (2002) telah menemukan bahwa tingkat perputaran karyawan yang terjadi di KAP mencapai 85%. Beberapa peneliti mencoba menemukan faktor anteseden dari keinginan pindah yang merupakan faktor pendahulu dari perputaran karyawan. Beberapa faktor yang ditemukan di antaranya adalah komitmen organisasi, kepuasan kerja, kepuasan gaj. Tetapi variabel yang ditemukan paling signifikan berpengaruh terhadap keinginan pindah adalah komitmen organisasi. Komitmen organisasi juga lebih konsisten dalam hubungannya dengan keinginan pindah .

Penelitian ini mencoba menggabungkan penelitian yang dilakukan oleh Rivai (2001) dengan penelitian yang dilakukan oleh Pierce et al.(1989). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan bukti secara empiris bahwaorganizational based self-esteem berpengaruh negatif terhadap keinginan pindah, organizational based self-esteem berpengaruh positif terhadap komitmen organisasi, komitmen organisasi berpengaruh negatif terhadap keinginan pindah, dan komitmen organisasi dapat berperan sebagai variabel intervening dalam pengaruh organizational based self-esteem terhadap keinginan pindah. Dari keempat hipotesis yang diajukan oleh peneliti, hanya satu hipotesis yang diterima.

Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada KAP di Semarang, Surakarta, Yogyakarta, dan Purwokerto. Metode pemilihan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Jumlah kuesioner yang dibagikan sejumlah 162, dan yang kembali sebanyak 108 serta memuhi syarat, sehingga semua dimasukkan dalam analisis.

Metode yang digunakan adalah analisis regresi dengan bantuan program SPSS 11.0. Dari analisis yang dilakukan diperoleh hasil bahwa organizational based self-esteem berpengaruh positif terhadap komitmen organisasi. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thit sebesar 6,001 pada tingkat signifikansi 0,000, sementara hipotesis yang lain ditolak.

Keywords: organizational based self-esteem, komitmen organisasi, keinginan pindah.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Jaka Winarna, MSi, Ak.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis