Penulis Utama : Agustina Fridomi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Perlawanan perempuan terhadap hegemoni laki-laki dalam novel Saman dan larung karya Ayu Utami (sebuah pendekatan feminisme)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Sastra UNS - 2004
Kolasi : xi, 199 hal.:
Sumber : UNS-Fak. Sastra NIM.C0297088-2004
Subyek : FIKSI INDONESIA - SEJARAH DAN KRITIK
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini berjudul Perlawanan Perempuan terhadap Hegemoni Laki-laki dalam Saman dan Larung karya Ayu Utami (Sebuah Pendekatan Feminisme). Masalah yang dibahas adalah (1) Bagaimana pengidentifikasian tokoh Laila sebagai tokoh utama dalam Saman dan Larung; (2) Mengapa dan bagaimana wujud perlawanan tokoh perempuan terhadap budaya hegemoni laki-laki; (3) Bagaimanakah peran pencerita dalam sikap batin tokoh dan pandangan dunia pengarang mengenai hegemoni laki-laki.

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan mendeskripsikan masalah: (1) Mendeskripsikan figur tokoh Laila sebagai tokoh utama perempuan dalam Saman dan Larung; (2) Mendeskripsikan wujud perlawanan tokoh perempuan terhadap budaya hegemoni laki-laki; (3) Mendeskripsikan peran pencerita dalam sikap batin tokoh dan pandangan dunia pengarang mengenai hegemoni laki-laki.

Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif analitik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah aplikasi antara struktural naratologi ditekankan pada pembentukkan sjuzet (plot). Pemaknaan novel Saman, dan Larung menggunakan feminisme. Objek penelitiannya adalah struktural naratif novel Saman, dan Larung dalam tema feminis. Sumber datanya adalah novel Saman karya Ayu Utami cetakan kesembilan belas tahun 2001, dan novel Larung cetakan pertama tahun 2001. Teknik pengumpulan data dengan teknik kepustakaan. Teknik pengolahan data dengan tiga tahap yang dilakukan bersamaan yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.Teknik penarikan kesimpulan yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik penarikan kesimpulan secara induktif yaitu pengambilan kesimpulan dari khusus ke umum.

Dengan penelitian ini mampu memberikan gambaran mengenai tokoh Laila dan tokoh perempuan lain yang melakukan perlawanan terhadap hegemoni laki-laki. Peneliti dapat menarik sebuah pemikiran sederhana dan menyampaikan pemahaman bahwa

1. Karakter tokoh perempuan dalam Saman dan Larung digambarkan sebagai tokoh perempuan dewasa, memiliki kualitas sifat feminin dan maskulin, dan perempuan modern yang berprofesi sebagai perempuan karier.

2. Perkembangan jaman seperti saat ini, perempuan menuntut adanya persamaan hak. Tokoh perempuan modern dalam Saman dan Larung terbuka terhadap perubahan-perubahan yang dianggap dapat memperbaiki kondisi kaum perempuan, karena itu mereka menolak hegemoni laki-laki yang merendahkan kaum perempuan dengan melakukan deskontruksi atau mempertanyakan kembali segala sesuatu yang menyangkut nasib perempuan dalam agama maupun budaya.

3. Pengarang berperan dalam pembentukan karakter dan pemikiran tokoh-tokohnya sebagai responnya terhadap penolakan terhadap hegemoni laki-laki.

Penelitian ini dapat mengembangkan aplikasi metode antara struktural naratologi dan feminisme dalam menganalisis karya sastra.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dra. Murtini, M.S
2. Prof. Dr. H. Soediro Satoto
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa