Penulis Utama : Luqman Sadat Sudigdo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Pengaruh konflik partai persatuan pembangunan (PPP) dengan partai kebangkitan bangsa (PKB) terhadap hubungan masyarakat desa Kertijayan kecamatan Bauran kabupaten Pekalongan pada masa pemilu 1999
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP UNS - 2003
Kolasi : 77 hal.:
Sumber : UNS-FKIP NIM.K4496020-2003
Subyek : PARTAI POLITIK
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari jawaban atas masalah : (1) Deskripsi lokasi desa Kertijayan Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan, (2) Latar belakang terjadinya konflik Partai Persatuan Pembangunan (PPP0 dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di desa Kertijayan, (3) Bagaimana dampak konflik PPP dengan PKB terhadap hubungan masyarakat desa Kertijayan Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan, (4) Bagaimana peran pemerintah desa dan resort kepolisian setempat serta ulama dalam mengatasi konflik tersebut.

Sejalan dengan masalah dan tujuan maka penelitian ini menggunakan metode Historis, sumber data berasal dari informan, tempat dan peristiwa, dan sumber tertulis. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan analisa dokumen. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling atau sampling bertujuan. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi data dan triangulasi teori. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif.

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) Desa Kertijayan Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan merupakan mayoritas mempunyai tradisi santri yang amat kuat, dengan pendapatan berdagang dan wiraswasta batik tradisional yang sangat terkenal sampai ke daerah lain bahkan ada yang sampai menekuni properti berupa eksport batik pekalongan ke luar negeri (2) Masyarakat desa Kertijayan meingikuti tradisi ahlusunnah wal jamaah, sehingga yang menjadi perintah kyai dan ulama’ harus dijunjung tinggi fatwa dan nasehatnya. Appun yang menjadi kendaraan politik sang kyai maka santri harus mengikutinya, itulah menyebabkan terjadinya konflik PPP dengan PKB di desa Kertijayan arena adanya konflik sesama Kyai/ulama yang didukung oleh para laskar serta adanya perbedaan ideologi yang dianut para simpatisan, (3) Konflik partai tersebut membawa perubahan masyarakat desa Kertijayan yang dahulunya memiliki hubungan yang harmonis serta mempunyai wadah politik yang sama sehingga harus terpecah belah sampai mengakibatkan desintegrasi sosial baik sesama warga maupun keluarga yang bersangkutan, (4) Peran Pemerintah Desa dan Resort Kepolisian Buaran dalam mengatasi dampak dari konflik tersebut sangat diperlukan karena kondisi sosial masyarakat dan politik yang sangat sederhana dalam wacana kehidupan masyarakat kertijayan kecamatanm Buaran Kabupaten Pekalongan.

 

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Hermanu J, MPd
2. Drs. A. Arif Musadad, MPd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP