Penulis Utama : Fetiana Rukmi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Studi karakteristk demografi dan sosial ekonomi penduduk lanjut usia di desa Kenaiban kecamatan Juwiring kabupaten Klaten
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP UNS - 2004
Kolasi : 51 hal.:tab.
Sumber : UNS-FKIP NIM.K5498021-2004
Subyek : USIA LANJUT-KEADAAN SOSIAL
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) karakteristik demografi dan sosial ekonomi penduduk lanjut usia (2) aktivitas ekonomi penduduk lanjut usia berdasrkan karakteristik demografi dan sosial ekonomi. 

Penelitian ini menggunakan metode diskriptif kualitatitif. Populasi dalam penelitian ini adalah penduduk lanjut usia yang berumur 60 tahun ke atas di Desa Kenaiban sejumlah 403 orang. Sampelnya ada 50 orang yang masih bekerja ada 30 orang dan yang sudah tidak bekerja (pensiun) 20 oranng. Cara pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi lapangan dan analiasis dokumen.Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis tabel frekuensi dan tabel silang.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan di Desa Kenaiban maka dapat disimpulkan antara lain : Penduduk lanjut usia sebagian besar adalah laki- laki berstatus sebagai kepala keluarga, penduduk lanjut usia  yang masih berstatus kawin dengan jumlah janda lebih banyak dari jumlah duda dan jumlah tanggungan sebagian besar antara 1- 2. Pendidikan penduduk lanjut usia termasuk rendah karena sebagian besar hanya sampai pada tingkat SD. Jenis pekerjaan paling dominan adalah pada bidang pertanian. Alasan penduduk lanjut usia masih bekerja adalah untuk mencukupi kebutuhan, sedangkan alasan penduduk lanjut usia sudah tidak bekerja adalah karena kondisi badan sudah tidak kuat lagi. Pendapatan lansia bekerja sebagian besar kurang dari Rp 150.000,00. Hal ini berbeda dengan lansia yang sudah tidak bekerja (pensiun),  mereka mempunyai pendapatan lebih dari Rp 500.000,00 karena mereka mempunyai tunjangan hari tua.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs, Sugiyanto, M.Si.
2. Drs. Djoko Subandriyo, MPd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP