Penulis Utama : Hidayatul Islamiyah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Analisis PDRB, ekspor dan investasi terhadap kondisi ketenagakerjaan di Jawa Tengah tahun 1987-2002
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0100034-2004
Subyek : PERDAGANGAN INTERNASIONAL-ASPEK SDM
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana PDRB, ekspor dan investasi dapat mempengaruhi kesempatan kerja di Jawa Tengah. Selain itu juga untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan PDRB, ekspor dan investasi pada saat sebelum dan selama krisis di Jawa Tengah. Upaya untuk meningkatkan kesempatan kerja didukung dengan pertumbuhan ekonomi. Semakin tinggi pertumbuhan ekonomi maka makin tinggi pula lapangan kerja yang tersedia.

Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder. Data tersebut diperoleh dari buku-buku literatur yang diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik Jawa Tengah serta dari informasi di media cetak. Sedangkan alat analisis yang digunakan dengan uji ekonometrik dan uji statistik chi square.

Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel PDRB, ekspor dan investasi masing-masing berpengaruh terhadap kesempatan kerja di Jawa Tengah. Hasil uji Asumsi Klasik untuk seluruh variabel datanya terbebas dari multikolinearitas, heteroskedastisitas maupun autokorelasi, sehingga model regresi yang dihasilkan merupakan model yang baik dan tidak bias. Berdasarkan hasil uji statistik chi square, baik melalui uji Kendall maupun Friedman, terdapat perbedaan PDRB, ekspor dan investasi pada saat sebelum dan selama krisis.

Pertumbuhan investasi tahun 1998-2002 cenderung mengalami penurunan. Hal ini disebabkan adanya krisis ekonomi yang melanda Indonesia sehingga para penanam modal tidak berminat lagi untuk menanamkan modalnya. Sehingga dengan adanya pertumbuhan investasi ini akan berpengaruh terhadap lapangan kerja yang tersedia.

Kondisi ekspor cenderung mengalami kenaikan dari tahun 1993 – 2002. Hal ini didukung terutama oleh ekspor sektor industri pengolahan yang memiliki kontribusi terbesar terhadap perekonomian sehingga ekspor sektor ini sangat berpengaruh dalam mengurangi jumlah pengangguran di Jawa Tengah.

Pemerintah Propinsi Jawa Tengah hendaknya memberikan kebijakan-kebijakan strategis agar kedua komoditas ekspor andalan Jawa Tengah, mebel dan tekstil, dapat dipertahankan atau bahkan ditingkatkan, sehingga akan dapat menyerap tenaga kerja yang besar. Selain itu dapat pula ditingkatkan penyediaan data mengenai kependudukan, ketenagakerjaan dan perekonomian daerah guna membantu perencanaan ketenagakerjaan daerah.

Kata kunci: penduduk, kesempatan kerja, perekonomian.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis