Penulis Utama : Rahma Octavia Diastuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0110049
Tahun : 2015
Judul : Pêpacak anggêr-anggêr (suatu tinjauan filologis)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FSSR - 2015
Kolasi :
Sumber : UNS-FSSR Jur. Sastra Jawa-C.0110049-2015
Subyek : PEPACAK ANGER-ANGER
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Latar belakang penelitian terhadap Pêpacak Anggêr-Anggêr (PAA) adalah (1) ditemukannya varian-varian, yaitu adisi, hypercorrect, dan lacuna, (2) secara isi, yaitu peraturan-peraturan yang ada dalam PAA perlu dikemukan sebagai referensi pada bidang hukum.
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian adalah (1) bagaimanakah bentuk suntingan teks PAA yang bersih dari kesalahan setelah melalui cara kerja filologi, dan (2) peraturan apa saja yang terkandung di dalam PAA?
Tujuan penelitian ini adalah (1) menyajikan suntingan teks PAA yang bersih dari kesalahan setelah dilakukan sesuai cara kerja filologi, dan (2) mengungkapkan peraturan-peraturan yang terkandung dalam PAA.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian filologi yang sifatnya deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pustaka atau library research. Sumber data penelitian ini adalah Pêpacak Anggêr-Anggêr (PAA). Data dalam penelitian ini adalah teks PAA berbentuk gancaran „prosa? dan berhuruf Jawa carik dan tulisan latin bahasa Belanda akan tetapi dalam penelitian ini yang diteliti hanya yang berhuruf Jawa carik. Teknik pengumpulan data dimulai dengan invetarisasi naskah dengan katalog-katalog naskah yang tersimpan di perpustakaan atau instansi, judul-judul naskah didaftar, kemudian diadakan penelitian dan pengecekan kebenaran keberadaan naskah di tempat penyimpanan naskah tadi. Selanjutnya teknik pendokumentasian digital, maksudnya naskah difoto dengan kamera digital tanpa menggunakan blitz dan data dimasukkan ke dalam komputer, yaitu program Microsoft Office Picture Manager dan Picasa3. Kemudian PAA yang berhuruf Jawa carik ditransliterasi.
Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan deskripsi naskah, kritik teks, suntingan teks, dan terjemahan. Metode naskah tunggal dipakai dengan edisi standar. Selanjutnya isi Naskah PAA diteliti dengan mengungkapkan peraturan-peraturan yang terkandung dalam PAA.
Simpulan penelitian ini adalah (1) Naskah PAA koleksi Perpustakaan Sasana Pustaka Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat bernomor katalog 172 Ca adalah naskah tunggal. Suntingan Naskah PAA pada penelitian skripsi ini merupakan suntingan yang bersih dari kesalahan setelah dilakukan sesuai dengan cara kerja filologi dan mendekati teks aslinya. (2) Isi Naskah PAA mengatur tentang : 1) Unsur Otoritas Tertinggi, 2) Asas Kebersamaan (Musyawarah dan Mufakat), 3) Korupsi, 4) Perdagangan Ilegal (larangan penjualan kopi gelap, sarang burung gelap, ciu dan lain-lain), 5) Kepemilikan Tanah, 6) Judi, 7) Apyun (candu), 8) Keprajuritan Belanda dan Jawa, 9) Utang-Piutang dan Jual-Beli, 10) Menginap (Bermalam) dan Tuan Rumah, 11) Sanksi-Sanksi Jika Melanggar Peraturan.
Kata kunci: Pêpacak Anggêr-Anggêr, Peraturan, Hukum

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
1. HALAMAN JUDUL.pdf
2. BAB I.pdf
3. BAB II.pdf
4. BAB III.pdf
5. BAB IV.pdf
6. BAB V.pdf
IMG_20150516_0006.jpg
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Hartini, M. Hum.
2. Drs. Imam Sutardjo, M. Hum
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa