Penulis Utama : Wahyu Nurmayati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Sinetron dan Kesenjangan Kepuasan
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP UNS - 2003
Kolasi : 135 hal.:
Sumber : UNS-FISIP UNS NIM.D0299098-2003
Subyek : SANDIWARA TELEVISI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Semakin maraknya program acara sinetron yang ditayangkan di berbagai media televisi menjadikan alasan dipilihnya permasalahan diatas. Sinetron telah menjadi sarana pemenuhan kebutuhan akan hiburan bagi masyarakat disamping pemenuhan atas kebutuhan yang lain. Adanya kebutuhan-kebutuhan tersebut  melahirkan harapan-harapan untuk dicarikan pemuasannya dan harapan-harapan tersebut juga akan mempengaruhi pola penggunaan media terutama televisi. Sementara itu masyarakat harus membuat pilihan karena adanya berbagai media yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Media yang memberi kontribusi lebih yang kemungkinan akan dipilihnya. Sedangkan perbedaan kemampuan masing-masing media dalam memberi kepuasan mengakibatkan kesenjangan kepuasan yang dialami khalayak penonton.

            Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola penggunaan media dalam hal ini media RCTI dengan sinetron Bidadari (2) dan Trans TV dengan sinetron Senandung Masa Puber, sejauh mana harapan khalayak terhadap media (gratification sought) serta sejauh mana harapan tersebut dapat terpenuhi kepuasannya (gratification obtained). Selain penelitian ini juga menggunakan statistik Discrepancy untuk mengetahui kesenjangan yang diperoleh (gratification discrepancy) dari kedua sinetron tersebut dan salah satu media yang unggul dalam memuaskan responden.

            Penelitian ini termasuk penelitian tipe deskriptif yang menggunakan metode survey. Dimana kepada responden yaitu siswa SMU Negeri 4 Surakarta, diberikan daftar pertanyaan yang diisi sebagai data peneliti. Oleh karena penelitian bertujuan mengetahui kesenjangan antara kepuasan yang diharapkan (GS) dengan kepuasan yang diperoleh (GO) dari sinetron Bidadari (2) dan Senandung Masa Puber serta untuk mencari media yang lebih unggul peneliti menggunakan model Uses and Gratification yang dikembangkan Palmgreen. 

Terdapat 5 kelompok kebutuhan yang terbagi dalam 7 item dalam penelitian ini yang dicari responden/ gratification sought (GS), meliputi kebutuhan memperoleh gambaran mengenai tindakan baik ataupun buruk sehingga dapat dijadikan referensi berperilaku (knowledge motive), memperoleh bahan diskusi dan berkumpul bersama keluarga (interpersonal utility motive), melupakan persoalan-persoalan yang sedang dihadapi dan mengisi waktu luang (divertion motive), bersantai (relaxation motive) dan semata-mata mencari hiburan (entertaintment motive). Skala yang digunakan untuk menghitung GS adalah penting, cukup penting dan tidak penting. Sementara itu perhitungan kepuasan yang diperoleh responden terhadap kebutuhan-kebutuhan tersebut (GO) menggunakan skala membantu, cukup membantu dan tidak membantu.

Hasil peneltian ini memperlihatkan bahwa angka kesenjangan yang diperoleh dari uji statistik untuk sinetron Bidadari (2) sebesar 58,69% dengan kepuasan sebesar 41,31% (kategori sedang) dan untuk sinetron Senandung masa puber 54,34% dengan kepuasan sebesar 45,66%(kategori sedang). Meski keduanya dalam kategori sedang dalam memuaskan responden, sinetron Senandung masa puber di Trans TV dianggap lebih memuaskan / lebih mampu memenuhi kebutuhan responden daripada sinetron Bidadari (2) di RCTI, kendati pemenuhan secara keseluruhan kurang optimal.

            Melihat hasil dari penelitian tersebut tentu perlu adanya peningkatan kualitas media dalam menyajikan sinetron sebagai sarana hiburan. Media televisi tidak hanya menyajikan acara hiburan untuk mencari keuntungan semata tapi lebih kepada memberikan kepuasan yang maksimal bagi pemirsanya sehingga kesenjangan kepuasan dapat diminimalkan.

 

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs Haryanto, M. Lib
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP