Penulis Utama : Very Susanawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Pengaruh work family conflict, kepuasan kerja dan komitmen organisasional terhadap turnover inventions ( studi pada karyawati rumah sakit islam di Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2004
Kolasi : 84 hal.
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0200109-2004
Subyek : BURUH DAN PERBURUHAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh langsung dan tidak langsung Work family conflict, kepuasan kerja dan komitmen organisasional terhadap turnover intentions pada karyawati rumah sakit Islam di Surakarta yang dilatarbelakangi bahwa sumber daya manusia merupakan asset yang menentukan keefektifan sebuah organisasi namun juga merupakan beban biaya yang cukup tinggi, dalam hal ini dikaitkan dengan tingginya turnover. Subjek penelitian wanita semakin menarik untuk diteliti seiring meningkatnya jumlah tenaga kerja wanita beberapa tahun terakhir. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: pertama, apakah work family conflict berpengaruh terhadap kepuasan kerja, komitmen organisasional dan turnover intentions. Kedua, apakah kepuasan kerja berpengaruh terhadap komitmen oranisasional dan turnover intentionas. Ketiga, apakah komitmen organisasional berpengaruh terhadap turnover intentions. Dari permasalahan tersebut muncul hipotesis sebagai berikut: H1. Ada pengaruh negatif work family conflict terhadap kepuasan kerja, H2a. Ada pengaruh negatif work family conflict terhadap komitmen organisasional, dimediasi kepuasan kerja, H2b. Ada pengaruh work family conflict terhadap turnover intentions, dimediasi kepuasan kerja dan komitmen organisasional, H3. Ada pengaruh positif kepuasan kerja terhadap komitmen organisasional, H4a. Ada pengaruh negatif kepuasan kerja terhadap turnover intentions, H4b. Ada pengaruh negatif kepuasan kerja terhadap turnover intentions, dimediasi komitmen organisasional, H5. Ada pengaruh  negatif komitmen organisasional terhadap turnover intentions.

Sejalan dengan permasalah tersebut penelitian ini dilaksanakan untuk menguji model dengan menggunakan metode SEM (Structural Equation Model) dengan program AMOS 4.1. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawati rumah sakit Islam di Surakarta. Sampel diambil dengan metode random sampling.

Hasil analisis menunjukkan bahwa besarnya angka kriteria SEM adalah CMIN/DF (0,805), GFI (0,993), AGFI (0,967), TLI (1,013), CFI (1,000), RMSEA (0,000) dan estimasi parameter menunjukkan bahwa semua jalur analisis memiliki C.R. yang lebih besar dari 1,98 pada signifikansi 0,05. Dari bukti-bukti tersebut dapat disimpulkan bahwa model analisis diterima dan semua hipotesis didukung. Dari penelitian ini diketahui bahwa work family conflict berpengaruh terhadap turnover intentions, dan pengaruh tersebut melalui (dimediasi) oleh kepuasan kerja dan komitmen organisasional. Berdasarkan hasil tersebut disarankan agar perusahaan mampu mengadaptasi kebijakan berkaitan dengan work family conflict agar karyawawati dapat menyeimbangkan tanggung jawab terhadap pekerjaan dan tanggung jawab terhadap keluarga sehingga akan meningkatkan kepuasan kerja yang selanjutnya meningkatkan komitmennya terhadap organisasi. Dengan komitmen yang tinggi maka turnover intentions semakin rendah.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis