Penulis Utama : Yuarich Heria J
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Analisis praktik manajemen kualitas perusahaan bersertifikat ISo 9000 dan perusahaan non ISO 9000
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0300086-2004
Subyek : MANAJEMEN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Beberapa perusahaan mendapatkan sertifikat ISO 9000 dengan tujuan memberikan bukti kepada pasar bahwa mereka telah menerapkan sistem manajemen kualitas yang handal. Seri ISO 9000 memberikan pedoman dan jalan dalam memilih dan menggunakan sistem kualitas yang sesuai. Menurut Carr et. al., 2000) ISO 9000 bukanlah jaminan bagi sebuah organisasi untuk menerapkan manajemen kualitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji perbedaan praktik manajemen kualitas perusahaan yang bersertifikat ISO 9000 dan perusahaan non ISO 9000. Tujuan kedua adalah menguji perbedaan tersebut pada perusahaan kecil dan besar.

Penelitian ini merupakan penelitian survei yang menggunakan kuesioner untuk pengumpulan data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahan manufaktur yang ada di Indonesia. Karena menggunakan metode mail survey maka peneliti tidak dapat menentukan respone rate-nya. Jumlah kuesioner yang dikirim sebanyak 607 dengan tingkat pengembalian sebesar 14,6%. Hipotesis diuji dengan uji Independent Sample T-Test. Normalitas data diuji dengan Kolmogorov Smirnov menunjukkan distribusi data normal. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa seluruh butir pernyataan dalam kuesioner adalah valid demikian juga untuk uji reliabilitas, hasilnya menunjukkan bahwa instrumen pengumpulan data reliabel.

Hasil hipotesis nul pertama menunjukkan bahwa nilai probabilitas sebesar 0,005. Ini berarti bahwa terdapat perbedaaan signifikan praktik manajemen kualitas antara perusahaan bersertifikat ISO 9000 dan perusahaan non ISO 9000. Penelitian ini juga membuktikan bahwa terdapat beda signifikan antara perusahaan bersertifikat ISO 9000 dan perusahaan non ISO 9000 pada perusahaan kecil sedang pada perusahaan besar tidak terbukti adanya beda.

Kata kunci: kualitas, manajemen kualitas, ISO 9000, TQM.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis